LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK N 4 YOGYAKARTA

Dwi Kusuma Wardani, Dwi Kusuma Wardani (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK N 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13513241026 Dwi Kusuma Wardani.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan istilah kependidikan yang bersifat intrakulikuler dan dilaksanakan oleh mahasiswa yang menyangkut tugas kependidikan, baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktik mengajar dan evaluasi pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan PPL adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang faktual dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengemabangkan potensinya. Sebelum melakukan PPL terlebih dahulu dilaksanakan observasi sekolah. Observasi ini dilakukan guna mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengetahui karakter siswa dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 15 Juli dan berakhir tanggal 15 September 2016 yang bertempat di SMK N 4 Yogyakarta. Alamat sekolah terletakdi Jalan Sidikan, No. 60,Umbulharjoa, Kota Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain: persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat pembelajaran dan evaluasi. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP dan silabus. Mata Diklat yang diampu oleh praktikan, Adalah Hiasan Busana, Pembuatan Pola, dan Pembuatan Busana Costum Made. Teori Hiasan Busana diampukan ke Kelas XII TBS 2, frekuensi tatap muka satu kali dalam satu minggu, dimana alokasi waktunya masing-masing 2 jam pelajaran. Sedangkan Pembuatan Pola merupakan mata pelajaran praktik, frekuensi tatap muka dua kali dalam satu minggu, diman alokasi waktunya masing-masing 4 jam pelajaran. Mata Diklat Pembuatan Pola dijadwalkan pada hari Selasa untuk kelas XI TBS 1, sedangkan Pembuatan Pola hari kamis untuk kelas XI TBS 3. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar mengatasi hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan belajar menjadi seorang guru yang profesional yang mampu menjawab tantangan dunia pendidikan di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, Pembuatan Pola, SMK N 4 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Jun 2017 01:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49951

Actions (login required)

View Item View Item