Yupi Diah Retnaningsih, Yupi Diah Retnaningsih (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
13511244007 Yupi Diah Retnaningsih.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang diambil atau ditempuh oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta program S1 kependidikan. Tujuan dari adanya mata kuliah PPL itu sendiri adalah 1) Menberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan, 2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran 3) Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner kedalam pembelajaran di sekolah, klub atau lembaga pendidikan. SMK N 4 Yogyakarta yang beralamat di Jalan Sidikan No.60, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu tempat PPL mahasiswa Boga dan Busana Universitas Negeri Yogyakarta. PPL UNY dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016 yang diawali dengan sosialisasi dan koordinasi, observasi ke lokasi, serta identifikasi permasalahan yang ada di sekolah. Pada kegiatan PPL ini setiap mahasiswa dibimbing oleh guru pembimbing dan mendapatkan mata pelajaran yang harus diampu oleh mahasiswa. Adapun mata pelajaran yang diampu oleh praktikan yaitu Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental. Kegiatan PPL ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa sebagai bekal untuk menjadi seorang pendidik yang professional. Persiapan fisik, mental dan materi sangat diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan PPL di SMK N 4 Yogyakarta dapat berjalan dengan baik, tidak ada halangan yang begitu berarti. Adapun yang dapat disimpulkan dari kegiatan PPL di SMK N 4 Yogyakarta yaitu: 1) Sarana untuk menerapkan ilmu yang telah di bangku kuliah; 2) Sarana untuk menimba ilmu dan pengalaman yang tidak diperoleh di bangku kuliah; 3) Dapat memperluas wawasan sebagaitenaga pendidik , kegiatan persekolahan dan kegiatan lain yang dapat menunjang kelancaran proses belajar mengajar di sekolah; 4) Mahasiswa lebih mengetahui kedudukan, fungsi, peran, tugas dan tanggung jawab guru secara nyata; 5) Keberhasilan proses belajar mengajar tergantung kepada unsure utama yaitu gurudan murid dengan sarana dan prasarana pendukung; 6) Belajarlah berinteraksi dan melakukan komunikasi yang baik dengan birokrasi sekolah, guru, karyawan, serta siswa-siswa.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: PPL, SMK N 4 Yogyakarta, Jasa Boga |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 16 Jun 2017 06:37 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:43 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49943 |
Actions (login required)
View Item |