LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Sholikati, Sholikati (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13511241001 Sholikati.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan usaha yang dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran. Kegiatan praktik lapangan ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan nyata sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga kerja pendidik yang professional di bidangnya. Program PPL Di SMK N 4 Yogyakarta yang beralamat di Jalan Sidikan No.60 Yogyakarta, dimulai pada tanggal 15 Juli 2016-18 September 2016. Persiapan PPL yang dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta dimulai dengan pembekalan PPL, micro teaching (latihan mengajar) selama kegiatan kuliah dan observasi langsung ke SMK N 4 Yogyakarta untuk mengetahui kondisi langsung sekolah. Pelaksanaan program PPL meliputi penyususnan RPP, pembuatan media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL adalah praktik mengajar pada program keahlian Patiseri deangan mata pelajran Poduk Cake. Praktik mengajar berjalan selama 2 bulan. Pada praktik mengajar mahasiswa berkesempatan untuk mengajar siswa kelas XI Patiseri 1 dan XI Patiseri 2 untuk mata pelajaran produk cake. Sebelum mahasiswa melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan silabus, lembar evaluasi, lembar penilaian, media pembelajaran berupa power point dan materi yang akan disampaikan dalam bentuk handout/jobsheet yang telah dikonsultasikan kepada guru pembimbing. Mahasiswa mengajar dengan waktu 5 jam setiap pertemuan. Secara garis besar, pelaksanaan program PPL di SMK N 4 Yogyakarta berjalan dengan lancar tanpa menjalani halangan yang cukup berarti. Manfaat yang dapat diambil dari pelaksanaan program PPL ini antara lain mahasiswa mendapatkan pengalaman dan keterampilan dalam mengajar secara riil di sekolah. Selain itu, mahasiswa juga mengerti cara berpikir dan bekerja secara disiplin baik dalam kegiatan pembelajaran maupun dalam memecahkan permasalahan- permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan. Program Praktik Pengalaman Lapangan telah memberikan pengetahuan, pengalaman, disiplin, dan tanggung jawab sebagai seorang pendidik terhadap pengelolaan proses pendidikan

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), tenaga pendidik, SMK N 4 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2017 06:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49937

Actions (login required)

View Item View Item