PENERAPAN BAHAN AJAR KIMIA ELEKTROKIMIA TERINTEGRASI KONTEKS KEJURUAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X PROGRAM STUDI TEKNIK OTOMOTIF DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Aspariyanti, Fani (2017) PENERAPAN BAHAN AJAR KIMIA ELEKTROKIMIA TERINTEGRASI KONTEKS KEJURUAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X PROGRAM STUDI TEKNIK OTOMOTIF DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: ada tidaknya perbedaan minat belajar kimia dan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan dan tanpa penerapan bahan ajar kimia terintegrasi konteks kejuruan, serta tanggapan siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta terhadap bahan ajar kimia elektrokimia terintegrasi konteks kejuruan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi ekperimen dengan desain pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester 2 Program Studi Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian sebanyak 62 siswa, terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol yang diambil secara cluster random sampling. Data yang diperoleh adalah data minat belajar kimia, literasi sains siswa dan tanggapan terhadap bahan ajar kimia elektrokimia terintegrasi konteks kejuruan. Instrumen yang digunakan adalah RPP, LKS, angket minat belajar kimia, tes literasi sains dan angket tanggapan bahan ajar. Data dianalisis dengan uji n-gain, uji dependent dan independent t-test serta analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan minat belajar kimia siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan dan tanpa penerapan bahan ajar kimia terintegrasi konteks kejuruan, 2) tidak ada perbedaan literasi sains siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan dan tanpa penerapan bahan ajar kimia terintegrasi konteks kejuruan, 3) tanggapan yang baik (B) dari siswa terhadap bahan ajar kimia terintegrasi konteks kejuruan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar kimia terintegrasi konteks kejuruan dapat meningkatkan minat namun kurang optimal dalam meningkatkan literasi sains siswa kelas X Program Studi Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:15
Last Modified: 16 Jun 2017 04:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49935

Actions (login required)

View Item View Item