EVALUASI PROGRAM KELOMPOK BERMAIN SALMA DENGAN MODEL DISCREPANCY DI UPT SKB DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA

Ekawati, Yuni (2016) EVALUASI PROGRAM KELOMPOK BERMAIN SALMA DENGAN MODEL DISCREPANCY DI UPT SKB DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
00 LAMP DOKUMENTASI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13110244007 - catatan harian.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13110244007 - Matriks PPL.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN - YUNI EKAWATI.pdf

Download (725kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui/mendeskripsikan Evaluasi Program Kelompok Bermain dengan Model Discrepancy di UPT Sanggar Kelompok Belajar Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Discrepancy (definisi, instalasi, proses, produk serta analisis biaya manfaat). Dalam tahap definisi, fokus kegiatan dilakukan untuk merumuskan tujuan, proses atau aktifitas, serta pengalokasian sumberdaya dan partisipan untuk melakukan aktifitas dan mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Selama tahap instalasi, rancangan program digunakan sebagai standar untuk mempertimbangkan langkah-langkah operasional program. Pada tahap proses, evaluasi difokuskan pada upaya bagaimana memperoleh data tentang kemajuan para peserta program, untuk menentukan apakah perilakunya berubah sesuai dengan yang diharapkan atau tidak. Jika ternyata tidak, maka perlu dilakukan perubahan terhadap aktifitas-aktiaitas yang diarahkan untuk mencapai tujuan perubahan perlaku tersebut. Selama tahap produk, penilaian dilakukan untuk menentukan apakah tujuan akhir program tercapai atau tidak. Tahap akhir yaitu analisis biaya-manfaat (costbenefit analysis), dimana hasil-hasil yang diperoleh dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan. Analisis ini menjadi sangat urgen dalam keadaan sumber daya (khususnya biaya) pembangunan pendidikan yang sangat terbatas (limited resources). Hasil dari penelitian ini yaitu Keberhasilan Visi, Misi, dan Tujuan terlihat dalam proses pembelajaran, Program pembelajaran pada KB Salma menerapkan pendekatan pembelajaran Sentra. Sentra tersebut terdiri dari sentra persiapan, sentra bermain peran, sentra balok, sentra bahan alam, Jumlah pendidik di KB SALMA yaitu lima pendidik, serta Sumber pembiayaan penyelenggaraan KB Salma binaan UPT SKB Kota Yogyakarta berasal dari anggaran pemerintah, masyarakat, dan sumber lain yang sah. Rekomendasi dalam penyelenggaraan KB SALMA ini yaitu Pengoptimalan jumlah pendidik untuk mengefektifkan program KB SALMA serta Perbaikan sarana dan prasana. Seperti halnya memperbaiki sentra yang dirasa kurang mencapai standar ketinggiannya ataupun gerbang sekolah/pengawasan lingkungan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Ariefa Efianingrum, M.Si & Riana Nurhayati, M.Pd (Dosen Pembimbing Lapangan)
Uncontrolled Keywords: UPT SKB Kota Yogyakarta, KB SALMA, Evaluasi Program
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2017 03:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49929

Actions (login required)

View Item View Item