LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LOKASI UPT JPD DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA

HASAN ABDUL WAFI, HASAN ABDUL WAFI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LOKASI UPT JPD DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HASAN ABDUL WAFI FIX.pdf

Download (908kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa jurusan Program Studi Kebijakan Pendidikan Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu program universitas yang dilaksanakan pada setiap tahunnya. Program tersebut termasuk salah satu tahapan yang harus dilalui oleh mahasiswa untuk menyelesaikan studi S1, tidak terkecuali mahasiswa program studi Kebijakan Pendidikan. Program ini juga termasuk dalam mata kuliah wajib tempuh. Adapun tujuan dari PPL ini adalah agar mahasiswa mampu menerapkan atau mengimplementasikan teori atau ilmu-ilmu yang dipelajari secara langsung kepada instansi pendidikan baik itu sekolah maupun lembaga pendidikan, memberikan pengalaman belajar yang bersifat praktis, memberikan pengetahuan, wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi dan kemandirian serta tanggungjawab mahasiswa di lokasi PPL. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Dana Personal KMS Di SMKN Kota Yogyakarta.Tujuan penelitian ini yaitu diperoleh keefektifan penggunaan Dana Personal KMS, semangat belajar dan peningkatan prestasi siswa penerima Dana Personal KMS di SMKN Negeri Kota Yogyakarta. Pelaksanaan program meliputi rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 15 Juli sampai dengan 15 september 2016. Dalam penelitan ini, jenis penelitian yang digunakan adalah Evaluasi. Dengan desain model evaluasi lepas dari tujuan (Goal Free Evaluation Model). Sumber data diperoleh dari guru dan Siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif secara kualitatif dengan metode interaktif dari Miles and Huberman. Setelah dilakukannya penelitian, maka penelitian ini menunjukan bahwa kurang efektifnya para siswa penerima KMS dalam mengunakan anggaran dana personal KMS untuk keperluan sekolah mereka. Dampak panjang dalam penggunaan dana KMS mengakibatkan sifat ketergantungan pada siswa pemegang kartu KMS. Dari segi pembelajaran dikelas, siswa pemegang kartu KMS juga cenderung kurang dalam hal motivasi dan semangat belajar dalam mengikuti pembelajaran di sekolah. Dapat disimpulkan bahwa penyerapan sudah merata, tetapi dalam proses penggunaan dana personal KMS masih kurang efektif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, KMS, Dana Personal KMS, Pendidikan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2017 02:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49918

Actions (login required)

View Item View Item