Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Terhubung (Connected) Menggunakan Pendekatan Penemuan Terbimbing dengan Tema “Mata Sebagai Alat Optik Dan Alat Indera Manusia” untuk Kelas VIII MTsN Janten Temon Kulon Progo

Muhtar, Agus Adibil (2010) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Terhubung (Connected) Menggunakan Pendekatan Penemuan Terbimbing dengan Tema “Mata Sebagai Alat Optik Dan Alat Indera Manusia” untuk Kelas VIII MTsN Janten Temon Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agus-adibil-muhtar-08708251011.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe terhubung menggunakan pendekatan penemuan terbimbing dengan tema “Mata Sebagai Alat Optik Dan Alat Indera Manusia” yang telah teruji dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Pengembangan perangkat ini dimulai dari tahap pengumpulan data, desain produk, validasi, tahap uji coba, revisi, menghasilkan produk akhir dan implementasi produk. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari kuesioner, lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe terhubung menggunakan pendekatan penemuan terbimbing dengan tema “Mata Sebagai Alat Optik Dan Alat Indera Manusia” yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan visual yang diproyeksikan, Media berbasis cetakan (LKS), dan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini menurut penilaian ahli dan guru IPA berkategori “baik”. Respon siswa terhadap media yang digunakan termasuk dalam kategori “sangat baik”. Penilaian siswa terhadap kegiatan pembelajaran termasuk dalam kategori “sangat baik”. Penerapan perangkat pembelajaran IPA terpadu ini dalam pembelajaran secara umum dapat terlaksana. Berdasarkan implementasi produk, dapat diketahui bahwa hasil belajar IPA yang menggunakan perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe terhubung dengan pendekatan penemuan terbimbing (kelas PT) dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode presentasi (MP).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam, media pengajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2017 02:03
Last Modified: 29 Jan 2019 12:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49915

Actions (login required)

View Item View Item