LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2016/2017 15 JULI-15 SEPTEMBER 2016 DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Fandi Wijaya Dwi Rohadi, Fandi Wijaya Dwi Rohadi (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2016/2017 15 JULI-15 SEPTEMBER 2016 DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13505244001_Fandi Wijaya Dwi.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu universitas dengan latar belakang pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta memiliki tugas sebagai pencetak tenaga kependidikan yang handal dan profesional untuk dunia pendidikan. Melalui program-program mata kuliah kependidikan yang dilaksanakan baik praktik, teori maupun lapangan diharapkan mampu memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada para mahasiswa tentang proses belajar mengajar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1. Tujuan utama dari kegiatan PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi. SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta merupakan salah satu yang dijadikan lokasi PPL UNY pada tahun 2016 ini. Secara umum sekolah ini mempunyai fasilitas yang cukup memadai, namun masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar dapat mendukung kelancaran seluruh aktifitas belajar mengajar di sekolah. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juli – 15 September 2015. Kegiatan praktik mengajar yang dimulai dengan pengajaran mikro, bimbingan dengan guru pembimbing, observasi kelas, pembekalan, pembuatan persiapan mengajar sampai pada tahap pelaksanaan yang meliputi praktik mengajar terbimbing, evaluasi dan penilaian. Sedangkan mata pelajaran yang diampu oleh praktikan adalah Gambar Eksterior dan Gambar Konstruksi Bangunan dengan alokasi waktu setiap minggu sebanyak 9 jam untuk Gambar Eksterior dan 4 jam untuk Gambar Konstruksi Bangunan. Penulis sendiri mengampu Gambar Eksterior kelas XII pada Blok I dan Gambar Konstruksi Bangunan kelas X pada Blok II. Mata pelajaran ini dijadwalkan pada hari Rabu dimulai pada jam ke 1 sampai jam ke 9 untuk Gambar Eksterior pada Blok I serta Jumat dimulai pada jam 5 sampai jam ke 8 untuk Gambar Konstruksi Bangunan pada Blok II. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa dituntut untuk mengajar setidaknya empat kali pertemuan. Selain mengampu dua mata pelajaran tersebut, mahasiswa praktikan membantu mengampu mata pelajaran guru lain untuk memenuhi. Dalam hal tersebut, praktikan mengampu mata pelajaran Autocad dan Gambar Konstruksi Bangunan kelas XII. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman administrasi guru. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Harapannya, semua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Key word : PPL ,UNY,SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2017 01:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49913

Actions (login required)

View Item View Item