LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Muhamad Hidayah Auludin, Muhamad Hidayah Auludin (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13501241031_Muhammad Auludin.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan yang selanjutnya disingkat PPL merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar Sarjana Pendidikan Teknik di Universitas Negeri Yogyakarta. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki dalam proses pembelajaran di sekolah sesuai dengan bidang studi dan disiplin ilmu masing-masing. Selain sebagai sarana mempraktikan ilmu pengetahuan, PPL dapat menjadi media bagi mahasiswa guna mendapat pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran, sehingga dapat menjadi bekal bagi mahasiswa guna mengembangan dirinya sebagai guru muda yang akan menjadi pendidik di masa yang akan datang. PPL dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang beralamat di Jalan Pramuka No. 62 Giwangan Yogyakarta, dari tanggal 15 Juli - 15 September 2016 Dalam pelaksanaannya, PPL dibagi menjadi beberapa tahapan. Tahap yang pertama adalah persiapan, berisi kegiatan : pembelajaran mikro di kampus, observasi sekolah dan kelas, pengembangan rencana pembelajaran dan pembekalan PPL. Tahap yang kedua adalah pelaksanaan, di mana ada 2 kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa, yaitu praktik mengajar dan praktik non mengajar. Di akhir pelaksanaan PPL, mahasiswa memberikan angket penilaian kepada siswa terhadap mahasiswa untuk mengukur tingkat keberhasilan mahasiswa selama melaksanakan kegiatan PPL. Selain itu guru pembimbing juga memberikan penilaian terhadap mahasiswa yang melaksanakan PPL. Kegiatan PPL sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata merasakan pengalaman sebagai seorang guru dalam mengajar. Harapan ke depan, semoga PPL dapat terus dilaksanakan dan jalinan silaturahmi serta kerjasama antara Universitas Negeri Yogyakarta dengan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dapat terus terjalin, sehingga membuka peluang kerjasama di bidang yang lain dan dapat memberikan manfaat bagi kedua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Universitas Negeri Yogyakarta, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2017 00:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49900

Actions (login required)

View Item View Item