LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Ide Ayu Astuti, Ide Ayu Astuti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
13501241014_Ide Ayu Astuti.pdf

Download (128MB) | Preview

Abstract

Sebelum pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa harus benar-benar mempersiapkan diri baik dari segi mental, fisik, maupun penguasaan materi dengan melakukan kegiatan pra-PPL. Adapun macam-macam kegiatan pra- PPL yaitu : 1) Pembekalan melalui pengajaran mikro, 2) Pembekalan PPL, 3) Observasi Sekolah, 4) Observasi pembelajaran di kelas, dan 5) Pembuatan perangkat pembelajaran. Kegiatan pra-PPL bertujuan agar mahasiswa praktikan memiliki persiapan yang maksimal dan siap dalam pelaksanaan kegiatan PPL. Sesuai tugas yang diberikan kepada praktikan PPL di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, PPL dilaksanakan selama 2 bulan, yaitu mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Terdapat dua jenis kegiatan, yaitu kegiatan mengajar dan kegiatan non-mengajar. Kegiatan mengajar meliputi: 1) Pembuatan RPP, 2) Pembuatan administrasi guru, 3) Konsultasi dengan guru pembimbing, 4) Mengumpulkan materi pembelajaran, 5) Pembuatan media pembelajaran, 6) Pelaksanaan pembelajaran terbimbing, 7) Pelaksanaan pembelajaran mandiri, dan 8) Evaluasi pembelajaran. Sedangkan kegiatan non-mengajar meliputi: 1) Membantu sekolah dalam membagikan buku kepada siswa tahun ajaran baru, 2) Pembuatan trainer, dan 3) Rapat evaluasi. Keberhasilan hasil penilaian 20 siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik terhadap kinerja mahasiswa praktikan ditinjau dari berbagai aspek, maka hasil dari penilaian ialah: 1) Aspek kemampuan membuka pelajaran sebanyak 67% menilai sangat baik, 30% menilai baik, dan 3% menilai kurang baik, 2) Aspek sikap guru dalam proses pembelajaran sebanyak 61% menilai sangat baik, 31% menilai baik, dan 8% menilai kurang baik, 3) Aspek penguasaan materi ajar sebanyak 64% menilai sangat baik dan 36% menilai baik, 4) Aspek kegiatan belajar mengajar, sebanyak 74% menilai sangat baik, 24% menilai baik, dan 2% menilai kurang baik, 5) Aspek kemampuan menggunakan media pembelajaran, sebanyak 71% menilai sangat baik, 28% menilai baik, dan 1% menilai kurang baik, 6) Aspek evaluasi pembelajaran sebanyak 68% menilai sangat baik, 30% menilai baik, dan 2% menilai kurang baik, 7) Aspek menutup kegiatan pembelajaran sebanyak 68% menilai sangat baik, 28% menilai baik, dan 4% menilai kurang baik, dan 8) Aspek tindak lanjut/ follow up sebanyak 68% menilai sangat baik, 28% menilai baik, dan 4% menilai kurang baik. Adanya hasil penilaian tersebut, diharapkan mampu menjadi refleksi bagi mahasiswa untuk menjadi lebih baik dalam proses pengajaran selanjutnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, Aspek, Refleksi.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 16 Jun 2017 00:48
Last Modified: 16 Jun 2017 00:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49899

Actions (login required)

View Item View Item