LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA

Nanang Yuwanto, Nanang Yuwanto (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Nanang Yuwanto_13504244011.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 Kependidikan, yang pelaksanaannya dilakukan disebuah institusi pendidikan dalam hal ini sekolah. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependididikan yang memiliki nilai sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang profesional. Kegiatan PPL ini juga bertujuan untuk menyiapkan dan membekali mahasiswa untuk memasuki realita dunia kependidikan. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2016 yang berlokasi di SMK Tamansiswa Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Dengan adanya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa mendapatkan pengalaman, wawasan serta ilmu tambahan tentang ketenagapendidikan yang ada di sekolah. Selama kegiatan PPL, mahasiswa melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di 4 kelas, yaitu kelas X MA, X MB, X MC dan X MD dengan mata pelajaran Las dan Patri. Pelaksanaan program diisi dengan observasi kelas, konsultasi, pembuatan administrasi guru (perhitungan minggu efektif, membuat daftar hadir, membuat agenda harian guru, membuat RPP, membuat materi ajar dan membuat media pembelajaran), praktik mengajar dan evaluasi. Pembelajaran terbagi menjadi pembelajaran teori dan praktik. Evaluasi meliputi pembuatan soal teori serta pembuatan tugas untuk siswa. Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Hasil dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas dan penguasaan kelas. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL ini tidak terlepas dari hambatan - hambatan, namun hambatan tersebut dapat teratasi dengan manajemen yang lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Universitas negeri Yogyakarta, Las dan Patri, SMK Tamansiswa Yogyakarta.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2017 07:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49887

Actions (login required)

View Item View Item