LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA III

Nurul Fitriani, Nurul Fitriani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA III. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13804241024_NURUL FITRIANI_PEND.EKONOMI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa program studi pendidikan dari semua jurusan. Program tersebut bertujuan untuk tetap mempertahankan dan mengembangkan fungsi untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan profesional. Pelaksanaan PPL telah dilaksanakan di MAN Yogyakarta III yang beralamat di Jl. Magelang Km 4, Sinduadi, Mlati, Kab. Sleman yang dilaksanakan selama 2 bulan. Tujuan dari program PPL dilaksanakan untuk mengasah 4 kompetensi guru yang harus ada, meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Kegiatan pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, berupa praktik pengembangan pembelajaran dan sumber belajar. Pengetahuan mengenai inovasi cara pengajar juga diterapkan dalam kegiatan PPL, meliputi pembuatan dan penggunaan media yang tepat dan menarik untuk siswa, dan penggunaan metode yang kontekstual sesuai keadaan siswa dan telah menerapkan Kurikulum 2013. Selama Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu kelas X MIPA (lintas minat ekonomi) dengan jumlah 5 kelas, yakni XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3, XI MIPA 4, dan XI MIPA 5. Selama melaksanakan PPL di MAN Yogyakarta III, praktikan sangat terbantu dengan adanya bimbingan dari berbagai pihak seperti guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan, serta Koordinator Kurikulum MAN Yogyakarta III. Adapun partisipasi aktif dari siswa-siswi MAN Yogyakarta III turut membantu kelancaran PPL di MAN Yogyakarta III. Secara keseluruhan, kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang telah dilaksanakan di MAN Yogyakarta III berjalan dengan lancar berkat kerjasama dari beberapa unsur sekolah seperti Kepala Sekolah, Guru, karyawan dan Siswa, meskipun ada beberapa hambatan ketika mengajar yaitu tuntutan percepatan durasi waktu bagi kelas MIPA dengan bahasan materi yang sangat banyak dan adanya pengurangan jam pelajaran pada waktu-waktu tertentu yang menyebabkan pembelajaran tidak efektif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Laporan, PPL 2016, MAN Yogyakarta III
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2017 05:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49870

Actions (login required)

View Item View Item