LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA III

Rahmayanti, Rahmayanti (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA III. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13304244016_RAHMAYANTI_PEND.BIOLOGI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan kegiatan kurikuler yang harus dilakukan oleh mahasiswa, sebgai pelatihan untuk menerapkan teori yang diperoleh dalam perkuliahan. Tujuan pelaksanaan praktik pengalaman lapangan adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga dalam rangka melatih dan mengembangkan potensi keguruan atau kependidikan, memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran serta meningkatkan kemampuan mahasiswa utnuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Melalui praktik pengalaman lapangan (PPL) diharapkan daoat menghasilkan calon tenaga kependidikan yang memiliki nilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional, mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasainya ke dalam praktik keguruan dan atau praktik kependidikan. Praktik pengalaman lapangan (PPL) dilaksanakan di MAN Yogyakarta III yang beralamat di Jalan Magelang Km 4, Sinduadi, Mlati, Sleman yang dilaksanakan selama 2 bulan. Selama praktik pengalaman lapangan, praktikan mendapatkan tugas pokok mengajar di kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 30 peserta didik. Berdasarkan praktik pembelajran di kelas, mahasiswa praktikan telah menyampaikan 2 materi dari 4 kompetensi dasar mata pelajaran biologi yang dirangkum dalam 9 kali pertemuan termasuk evaluasi. Pada praktik mengajar, mahasiswa memperoleh pengalaman dalam mempersiapkan perangkat perangkat pembelajaran, media pembelajaran,, dan alat evaluasi. Mahasiswa menggunakan multimedia dan multimetode dalam pembelajaran sesuai kebutuhan dan kondisi peserta didik. Berdasarkan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dalam persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi serta dapat memecahkan permasalahan terkait dengan proses pembelajaran. Melalui PPL, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, MAN Yogyakarta III
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2017 03:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49858

Actions (login required)

View Item View Item