EFEKTIVITAS ALAT PERAGA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN ALAT PERAGA RIIL TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA N 3 KLATEN MATERI FLUIDA DINAMIS

Marsella, Anggi and Wiyatmo, Yusman (2017) EFEKTIVITAS ALAT PERAGA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN ALAT PERAGA RIIL TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA N 3 KLATEN MATERI FLUIDA DINAMIS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANGGI MARSELLA SETOR JURUSAN PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan peningkatan minat belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan media audio visual dan alat peraga riil, 2) perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan media audio visual dan alat peraga riil, 3) mengetahui alat peraga yang efektif untuk meningkatkan minat belajar, dan 4) mengetahui alat peraga yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posstest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 sampai dengan XI IPA 7. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 7 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen pembelajaran dalam penelitian ini diantaranya adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, media pebelajaran dan LKPD. Sedangkan untuk instrumen pengambilan data adalah soal pretest-posttest dan angket minat peserta didik yang sudah dinyatakan valid dan reliabel. Analisis untuk mengetahui perbedaan peningkatan minat dan hasil belajar dianalisis menggunakan uji Gain dan Man-Whitney. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa: 1) ada perbedaan peningkatan minat belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan media audio visual dan alat peraga riil, 2) ada perbedaan peningkatan hasil belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan media audio visual dan alat peraga riil dan 3) alat peraga rill efektif dalam meningkatkan minat belajar, dan 4) alat peraga media audio visual efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Media Audio Visual. Alat Peraga Riil, Minat Belajar, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 19 Jun 2017 06:49
Last Modified: 30 Jan 2019 14:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49856

Actions (login required)

View Item View Item