LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA III

Aulia Madjid Suparman, Aulia Madjid Suparman (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAN YOGYAKARTA III. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13303244036_AULIA MADJID S_PEND.KIMIA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib di tempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Secara umum, kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan wahana bagi seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya kelak sebagai seorang pendidik dan tenaga kependidikan yang professional dan berdedikasi tinggi apabila telah menyelesaikan program studinya. Program tersebut bertujuan untuk tetap mempertahankan dan mengembangkan fungsi untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan profesional. Dalam kesempatan ini, mahasiswa melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di MAN Yogyakarta III yang beralamat di Jl. Magelang Km 4, Sinduadi, Mlati,Sleman. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada Tahun Ajaran 2016/2017. Pelaksanaan dimulai sejak 18 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di MAN Yogyakarta III. Observasi tesebut meliputi observasi terhadap pembelajaran di dalam kelas, mahasiswa juga berusaha untuk mencari informasi dari guru mata pelajaran kimia mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika KBM berlangsung. Pada kegiatan PPL ini, penulis mendapat tugas mengajar kelas X MIA 3 dan X MIA 4 setiap minggunya. Materi yang disampaikan meliputi Peran Kimia dalam Kehidupan, Hakikat Ilmu Kimia, Metode Ilmiah dan Keselamatan Kerja, Struktur Atom, Nomor Atom dan Nomor Massa, Perkembangan Model Atom, Bilangan Kuantum dan Bentuk Orbital, dan Konfigurasi Elektron. Adapun kegiatan yang dilakukan untuk menunjang pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini antara lain melakukan piket guru, piket perpustakaan, piket BK, dan pembuatan administrasi seorang guru yang meliputi analisis jam efektif pembelajaran, program tahunan, program semester, RPP, Lembar Kerja Siswa (LKS), soal evaluasi, media pembelajaran, daftar hadir siswa, dan daftar penilaian.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, MAN Yogyakarta III
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2017 03:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49855

Actions (login required)

View Item View Item