LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi MAN YOGYAKARTA III

Latifah Ratnaningtyas, Latifah Ratnaningtyas (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi MAN YOGYAKARTA III. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
13302241029_LATIFAH RATNANINGTYAS_PEND.FISIKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah suatu bentuk fasilitas yang diberikan oleh Universitas Negeri Yogyakarta dalam bentuk pendidikan dengan cara memberikan praktik pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk belajar langsung di sekolah agar nantinya mahasiswa siap menghadapi dunia kerja pada saat mengajar serta menangani masalah-masalah yang muncul selama proses pembelajaran. PPL yang dilaksanakan oleh UNY bertujuan untuk tetap mempertahankan serta mengembangkan fungsi dalam mempersiapkan dan menghasilkan guru dan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan yang profesional sesuai dengan standar keprofesionalan tenaga kependidikan. Salah satu yang dilakukan adalah dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berupa mata kuliah yang wajib di tempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Secara umum, kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan wahana bagi seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya kelak sebagai seorang pendidik dan tenaga kependidikan yang professional dan berdedikasi tinggi apabila telah menyelesaikan program studinya. Dalam kesempatan ini, mahasiswa melakukan praktik pengalaman lapangan di MAN Yogyakarta III selama 2 bulan, yaitu pada hari Senin-Jumat. Program PPL dilaksanakan untuk mengasah 4 kompetensi guru yang harus ada, meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Kegiatan pelaksanaan praktik pengalaman lapangan berupa praktik pengembangan pembelajaran dan sumber belajar. Meskipun demikian, masih ada hambatan dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah. Pengetahuan mengenai inovasi cara pengajar juga diterapkan dalam kegiatan PPL, meliputi pembuatan dan penggunaan media yang tepat dan menarik, dan penggunaan metode yang kontekstual sesuai keadaan siswa dan telah menerapkan Kurikulum 2013. Pelaksanaan praktik pengalaman mengajar di lapangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman aktual yang diperoleh dari kegiatan terpadu ini. Selain itu kegiatan ini dapat melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar sesunggunya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang ada serta memberi bekal untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga pendidik yang profesional di bidangnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL 2016, Pengalaman Belajar, Profesional, MAN Yogyakarta III.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 15 Jun 2017 03:33
Last Modified: 15 Jun 2017 03:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49853

Actions (login required)

View Item View Item