LAPORAN KEGIATAN PPL LOKASI BIDANG PENDIDIKAN DASAR DAN TAMAN KANAK-KANAK DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA JUDUL : “EVALUASI SEMINAR PEMBERDAYAAN KELOMPOK MASYARAKAT PEDULI PENDIDIKAN I”

Ade Tarina Paramita, Ade Tarina Paramita (2016) LAPORAN KEGIATAN PPL LOKASI BIDANG PENDIDIKAN DASAR DAN TAMAN KANAK-KANAK DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA JUDUL : “EVALUASI SEMINAR PEMBERDAYAAN KELOMPOK MASYARAKAT PEDULI PENDIDIKAN I”. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
13110241050 - Ade Tarina Paramita.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Bidang Pendidikan Dasar dan Taman Kanak-Kanak Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam merumuskan kebijakan, mengkoordinasikan, membina, dan mengendalikan kegiatan bidang Dikdas dan TK. Bidang ini terdiri dari tiga seksi, yaitu Seksi Kurikulum, Seksi Manajemen Sekolah, dan Seksi Pengembangan Pendidik dengan jumlah staff sebanyak 11 orang. Iklim kerja di bidang ini baik, dapat dilihat dari interaksi dan koordinasi antar karyawannya, kepemimpinan Kabid yang selalu mengontrol kinerja dan berdiskusi dengan para staffnya, serta pelayanan terhadap masyarakat yang ramah. Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) atau Magang III disesuaikan dengan program kerja Bidang Dikdas dan TK, yaitu kegiatan Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta yang didukung oleh Seksi Pengembangan Pendidik. Program ini berjudul Evaluasi Seminar Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Peduli Pendidikan I dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Rumusan masalah penelitian, yaitu : Bagaimana evaluasi Seminar Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Peduli Pendidikan I, yang bertujuan untuk mengetahui evaluasi Seminar Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Peduli Pendidikan dari sisi konteks, masukan, proses, dan hasilnya dan sebagai bahan pertimbangan perbaikan kegiatan berikutnya. Hasil evaluasi ini menunjukkan bahwa: 1) evaluasi konteks; rangkaian kegiatan Seminar Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Peduli Pendidikan I sesuai dengan tujuannya yaitu memahamkan dan menyadarkan kepada seluruh warga Kota Yogyakarta akan pentingnya pendidikan bagi putra-putrinya, 2) evaluasi masukan; fasilitas, materi, narasumber dan peserta tersedia dan sesuai kebutuhan, 3) evaluasi proses; seminar berjalan kurang sistematis dan pada saat diskusi panel cukup gaduh, 4) evaluasi hasil; tercapai kesepakatan pembagian petugas dan kelurahan sasaran Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Peduli Pendidikan sebagai tindak lanjut kegiatan seminar tersebut. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa Seminar Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Peduli Pendidikan perlu dilanjutkan dengan perbaikan dalam tahap prosesnya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Dikdas, Dinas Pendidikan, Dewan Pendidikan, Yogyakarta, Evaluasi, CIPP
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 15 Jun 2017 02:53
Last Modified: 15 Jun 2017 02:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49842

Actions (login required)

View Item View Item