IMPLEMENTASI PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI TENAGA KEPENDIDIKAN MELALUI WORKSHOP PENGAWAS SEKOLAH, BIDANG PENGEMBANGAN PENDIDIKAN, DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA

Widyastiti, Meilahasfi (2016) IMPLEMENTASI PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI TENAGA KEPENDIDIKAN MELALUI WORKSHOP PENGAWAS SEKOLAH, BIDANG PENGEMBANGAN PENDIDIKAN, DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13110241018 - Meilahasfi Widyastiti.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang harus ditempuh oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, yang mana memiliki misi yaitu menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan secara professional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikandan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang telah didapat selama masa perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL adalah di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang beralamat di Jalan Hayam Wuruk No 11, Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Kegiatan PPL yang dilakukan di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta meliputi kegiatan pengelolaan LPJ, input data dan biodata, administrasi surat masuk, surat keluar dan undangan, rekapitulasi data, dan lain-lain. Program individu utama yang dilakukan di lokasi PPL yaitu penelitian tentang Implementasi Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan melalui Workshop Pengawas Sekolah, pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis pendekatan penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan workshop pengawas sekolah. Informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Seksi Pengembangan Tenaga Kependidikan, Staf Seksi Pengembangan Tenaga Kependidikan dan pengawas sekolah selalu sasaran kegiatan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan adanya pengalaman lapangan, tentang tugas-tugas tenaga kependidikan di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga kependidikan yang professional. Hasil dari pelaksanaan PPL selama 2 bulan ini dapat dirasakan oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik dibidang kependidikan. Dalam pelaksanaan PPL maupun penelitian yang dilakukan, terdapat berbagai hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya semangat kerjasama yang baik antar mahasiswa PPL dan berbagai pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2017 02:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49838

Actions (login required)

View Item View Item