LAPORAN KEGIATAN PPL PEMETAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMP NEGERI se-KOTA YOGYAKARTA

SUSILAWATI, SUSILAWATI (2016) LAPORAN KEGIATAN PPL PEMETAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMP NEGERI se-KOTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13110241017 - Susilawati.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perguruan Tinggi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berperan penting dalam menciptakan SDM yang berkualitas, untuk mewujudkan hal tersebut Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki progam Praktik Pengalaman Lapangan atau sering disebut kegiatan PPL yang umum dimiliki setiap perguruan tinggi. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan akademik yang menjadi salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa. Kegiatan ini dimaksutkan untuk memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa sekaligus dalam penerapannya menyesuaikan fokus keilmuan yang ditempuh yaitu menerapkan apa saja yang di peroleh selama kegiatan perkuliahan serta pengembangan-pengembangan yan di lakukan selama di lingkungan PPL. . Kegiatan PPL yang dilakukan di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta khusnya Bidang Pengembangan Kependidikan terdiridari seksi pengembangan pendidikan, seksi pengembangan tenaga kependidikan dan seksi pengembangan sarana dan prasarana pendidikan kegiatannya sendiri meliputi, Kegiatan Pendampingan Latihan Paskibraka di Balai Kota, Pengarsipan data SPJ, lomba kantin sehat, seleksi pertukaran pelajar, input Biodata Operator PPDB, administrasi workshop pengawa sekolah, dan lain sebagainya. Kegiatan PPL selain memberikan pengalaman kerja juga memberikan pengalaman dalam penelitian. Penelitian yang dilakukan di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Bidang Pengembangan Kependidikan adalah melihat persebaran sarana dan prasarana pendidika khususnya di SMP Negeri se-Kota Yogyakarta dengan berdasarkan pedoman PP No.24 Tahun 2007, berdasarkan data yang yang terlihat standar minimal yang harus dimiliki sekolah dari segi prasarana terpenuhi ±90% namun untuk sarana pendukung masih kurang, selain itu kondisi sarana dan prasarana yang dimiliki rata-rata kerusakan mencapai 50-80%. Persebaran sarana dan prasara selebihnya dapat dikembangkan lebih lanjut menyesuaikan kebutuhan sekolah masing-masing. Tujuan penelitian pemetaan sarana dan prasarana ini untuk memudahkan pengamatan kondisi sarana dan prasrana masing-masing sekolah sekaligus untuk menjadi pedoman kegiatan yang berkaitan dengan sarpras sepert, pengadaan, renovasi, dan pengemabangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, Mahasiswa, Bangdik, Sarpras
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2017 02:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49837

Actions (login required)

View Item View Item