LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNY 2016 BALAI PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR (BPKB) DIY

Tato Roval Sambora, Tato Roval Sambora (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNY 2016 BALAI PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR (BPKB) DIY. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tato Roval Sambora.pdf

Download (747kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan(PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoritis yang telah diterima di perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan terori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pelaksanaan dan kegiatan dalam lingkungan dinas pendidikan yang digunakan sebagai bekal menjadi perumus kebijakan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai perumus kebijakan. Kegiatan PPL dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Untuk melaksanakan penelitian langsung pada lingkungan lembaga dinas pendidikan, Lembaga yang digunakan sebagai tempat praktek adalah BPKB DIY, yang dilaksanakan mulai dari 18 Juli Sampai 15 September 2016. Pelaksanaan PPL dilaksanakan dengan penelitian terhadap program kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh BPKB DIY untuk mengembangkan kegiatan belajar khususnya pada pendidikan nonformal dan informal, BPKB DIY merupakan UPT dari Dinas Dikpora PNFI Daerah Istimewa Yogyakarta, kegiatan penelitian ini dilakukan dalam 5 hari kerja sesuai dengan jam kantor, namun khusus untuk hari terakhir, yaitu hari jumat hanya dilakukan dalam setengah hari kerja karena ada kegiatan KKN. Peran penyusun, yaitu peserta PPL dalam hal ini sebagai peneliti, yaitu mengikuti setiap program kegiatan yang dilakukan oleh lembaga, namun disesuaikan dengan kebutuhan data penelitian yang dibutuhkan, supaya terjadi efisiensi waktu PPL. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik itu hambatan intern maupun ekstern,diantaranya dalam proses penelitian, sering kali dianggap mahasiswa PPL adalah peserta magang, sehingga sulit dimengerti oleh sebagian pegawai lembaga antara tujuan penelitian dan peserta magang. Namun hal ini merupakan suatu kenyataan alami bahwa seringkali tujuan kegiatan PPL disama artikan dengan magang. Adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di lembaga pendidikan. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananyaprogram-programPPL dengan baik. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang proffesional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2017 02:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49834

Actions (login required)

View Item View Item