LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNY 2016 UPT BALAI PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR (BPKB) DINAS PEND. PEMUDA DAN OLAH RAGA DIY

RENO, RENO (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNY 2016 UPT BALAI PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR (BPKB) DINAS PEND. PEMUDA DAN OLAH RAGA DIY. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RENO (13110241044).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoritis yang telah diterima mahasiswa selama perkuliaha di dalam kelas. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan terori-teori tersebut dalam dunia kerja sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pelaksanaan kegiatan dalam lingkungan pemerintahan yang digunakan sebagai bekal menjadi perumus kebijakan dalam pendidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan dalam perumusan kebijakan khususnya dalam dunia pendidikan.. PPL dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa program studi kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Untuk prodi Kebijakajan Pendidikan PPL bertujuan untuk melaksanakan penelitian langsung pada lingkungan lembaga dinas pendidikan. Lembaga yang digunakan sebagai tempat praktek dan meneliti adalah BPKB DIY. PPL dilaksanakan mulai dari 18 Juli Sampai 15 September 2016 dengan penelitian terhadap program kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh BPKB DIY untuk mengembangkan kegiatan belajar khususnya pada pendidikan nonformal dan informal tepatnya di seksi pemberdayaa. BPKB DIY merupakan UPT dari Dinas Pendidikan Pemuda & Olah Raga PNFI Daerah Istimewa Yogyakarta dimana saya melakukan penelitian tentang sebuah program diklat yang diselenggarakan oleh seksi bagian pemberdayaan dengan judul penelitian ”Implementasi Program Diklat Manajemen PAUD di BPKB DIY. Program diklat manajemen PAUD di laksanakan kaarena masih kurangnya kemampuan tenaga kependidikan di PAUD dalam mengelola PAUD disebabkan karena beberapa hal, salah satuya latar belakang pendidikan pengelola. Dengan dilaksanakannya diklat manajemen PAUD ini dari data kemampuan peserta yang mengikuti diklat yang didapat bahwa diklat tersebut sangat berpengaruh dan memberikan peningkatan kemampuan yang signifikan terhadap para pengalola PAUD. Dengan demikian diharapakan dapat meningkatkan kualitas PAUD di DIY

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2017 02:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49832

Actions (login required)

View Item View Item