LAPORAN INDIVIDU Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) TAHUN 2016 BALAI PEMUDA DAN OLAHRAGA (BPO) DINAS PENDIDKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

ARFAN FAUZAN, ARFAN FAUZAN (2016) LAPORAN INDIVIDU Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) TAHUN 2016 BALAI PEMUDA DAN OLAHRAGA (BPO) DINAS PENDIDKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
Anita 13110241025.pdf

Download (661kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan dalam perkuliahan di Universitas Negeri Yogyakarta diikuti oleh seluruh mahasiswa S1 bidang pendidikan maupun non kependidikan. PPL ini diselenggarakan oleh lembaga Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP). LPPMP UNY bekerja sama dengan instansi terkait untuk penempatan mahasiswa/i dalam melakukan kegiatan praktik pengalaman lapangan baik mengajar maupun di Dinas perkantoran yang berada di seluruh wilayah ; Kota DIY, Magelang. Kabupaten ; Gunungkidul, Sleman, Klaten, Bantul, Kulon Progo, Magelang, Surakarta, Purworejo. Sebelumnya, pada saat PPL I mahasiswa Kebijakan Pendidikan mendaftar di website pendaftaran PPL dan memilih bagian PNFI. Terciptalah kelompok besar yang berjumlah ± 13 – 15 orang. setelah itu, kelompok besar PPL PNFI dibagi, kami dengan jumlah 5 (lima) orang yaitu : Arfan Fauzan, Ridha Gitarinada, Kholivia, Ramona Nur Andani, Amitasari mendapatkan praktik pengalaman lapangan di Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) salah satu bagian sie dari PNFI ataupun DIKPORA DIY. Pelaksanaan PPL II dimulai pada tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Balai Pemuda dan Olahraga atau disingkat BPO bertempat di Ndalem Ngadiwinatan Suryuputra KT II/23 Alun – alun Kidul Yogyakarta. Kantor ini berbentuk rumah adat jawa yaitu Rumah Joglo. Rumah ini merupakan peninggalan bekas kediaman keluarga sultan milik Pangeran Hadiwinoto Putra Sri Sultan Hamengku Buwono VIII. BPO mempunyai 3 (tiga) sie / seksi ; sie tata usaha, sie pemuda & sie olahraga. Balai Pemuda dan Olahraga memiliki struktur organisasi tata kerja dipimpin oleh Ir. Edy Wahyudi, M.Pd selaku Kepala Balai. Program – program kerja BPO meliputi perencanaan, sudah diimplementasikan, evaluasi; tahap perencanaan; program strategis & program masing – masing seksi / sie terkait. Sudah diimplementasikan; Tri lomba juang, pemuda pelopor, paskibraka, dll. Tahap evaluasi; tahap ini sudah dilakukan oleh setiap sie yang ada di BPO. Sumber daya manusia BPO memiliki iklim kerja sangat ramah dan juga memiliki kebiasaan merokok ditempat kerja. Salah satu bagian di BPO yaitu sie pemuda mempunyai program pemuda pelopor. Pemuda pelopor ini satu penelitian dari peneliti untuk memenuhi tugas PPL II ini. Pemuda pelopor ini mempunyai kriteria yaitu pemuda berumur 16 – 30 tahun, mempunyai bidang kepeloporan seperti pendidikan, inovasi teknologi, pangan, dll. Pemuda pelopor ini diselenggarakan pada tanggal 22 dan 24 Agustus 2016 di 5 (lima) kota/kabupaten di seluruh DIY. Program ini salah satu unggulan dari sie pemuda dalam menggali potensi dan menyalurkan bakat yang dimiliki insan pemuda. Kegiatan ini diberi penilaian oleh 1 (satu) tim juri berisikan 3 (tiga) orang untuk menentukan juara 1 (satu) tingkat provinsi DIY serta akan dilakukan pembinaan untuk melangkah maju di jenjang nasional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, BPO, sie Pemuda
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 15 Jun 2017 01:59
Last Modified: 15 Jun 2017 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49829

Actions (login required)

View Item View Item