Laporan Individu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Taman Kanan-kanak dan Sekolah Dasar Yogyakarta Wilayah Timur

Tri Wulaningrum, Tri Wulaningrum (2016) Laporan Individu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Taman Kanan-kanak dan Sekolah Dasar Yogyakarta Wilayah Timur. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TRI WULANINGRUM (13110241052).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan mempunyai tujuan memberikan pengalaman mahasiswa dalam bidang pembelajaran maupun menejerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. PPL merupakan salah satu langkah yang ditempuh untuk menyiapkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan fungsional. PPL 2016 semester khusus salah satunya dilaksanakan di UPT Wilayah Timur Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. UPT mengelola seluruh Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar di seluruh wilayah Yogyakarta bagian timur. Jumlahnya ada 65 TK dan 48 SD. Dalam meningkatkan mutu pendidikan tentu peranan UPT setiap wilayah sangat besar. Dalam kegiatan PPL dilaksanakan beberapa program, yaitu program individu dan penelitian individu yang telah direncanakan sebelumnya dalam bentuk proposal yang sudah disetujui, serta program struktural yang ada di lembaga. Program individu yang dilaksanakan penyusun pada kegiatan PPL ini adalah Analisis Data Hasil Ujian Sekolah (US) SD/MI Yogyakarta Wilayah Timur Tahun Ajaran 2015/2016. Sedangkan penelitian individu yang dilaksanakan penyusun berjudul Strategi Implementasi Pendidikan Multikultural di TK Katolik Sang Timur Yogyakarta. Kemudian kegiatan struktural lembaga yang dilaksanakan meliputi rapat lembaga, administrasi penyuratan, administrasi kantor secara umum, penyusunan lapor bulan, rekapitulasi data, dan penysunan Standar Operasional Pegawai (SOP). Pada program individu yang telah dilaksanakan, diperoleh analisa terhadap data hasil US SD MI tahun ajaran 2015/2016. Hasil analisa diinterpretasikan hingga menghasilkan rekomendasi kebijakan pendidikan lanjutan di wilayah Yogyakarta timur (di bawah koordinasi UPT Timur). Kebijakan yang diputuskan oleh UPT Timur dan pengawas sekolah adalah “Pengampu kelas 6 dipilih dari guru yang memperoleh nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) tertinggi di sekolah tertentu”. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencapai hasil ujian sekolah yang lebih tinggi pada tahun ajaran 2016/ 2017. Kemudian pada penelitian individu yang telah dilaksanakan, diperoleh kesimpulan bahwa pendidikan multikultural di TK Katolik Sang Timur Yogyakarta diimplementasikan melalui beberapa strategi yaitu melalui kurikulum, kultur sekolah, proses belajar, dan struktur birokrasi sekolah. Model sistem pembelajaran sentra dipakai di sekolah ini sebagai wujud penghargaan pada bakay dan minat anak yang berbeda-beda. Semua dilaksanakan TK Katolik Sang Timur Yogyakarta dengan selalu mengedepankan aspek multikulturalitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Multikultural, Program, Analisis, Penelitian, multikultural, ujian
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2017 00:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49819

Actions (login required)

View Item View Item