LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI UNIT PELAYANAN TEKNIS PENGELOLA TK DAN SD YOGYAKARTA WILAYAH BARAT

Hasti Purwaningrum, Hasti Purwaningrum (2016) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI UNIT PELAYANAN TEKNIS PENGELOLA TK DAN SD YOGYAKARTA WILAYAH BARAT. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HASTI PURWANINGRUM (13110241052).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa S1 Universitas Negeri Yogyakarta. PPL merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pembelajaran langsung pada bidang yang ditekuni. Kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan kegiatan aplikatif yang dilaksanakan guna mengaplikasikan teori yang telah didapatkan mahasiswa selama perkuliahan agar dapat diterapkan langsung dalam dunia kerja. Kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) ini diharapkan dapat memberikan pengalaman serta bekal kepada mahasiswa nantinya dalam bidang tenaga kependidikan. Praktik pengalaman (PPL) semester khusus tahun 2016 dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) kali ini, penulis mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan PPL di Unit Pelaksana Teknis (UPT) pengelola TK dan SD wilayah Barat Kota Yogyakarta. Program utama individu yang dipilih oleh penulis adalah persiapan forum karyawan, yang mana program ini merupakan program yang baru bagi UPT dan baru dilaksanakan pada tahun ini. Adapun penelitian yang di ambil oleh penulis mengenai strategi kebijakan sekolah dalam mendisiplinkan siswa di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3, dan dibantu program penunjang lainnya seperti mengarsip surat, dan mengelompokkan data dan program lain. Program PPL individu dapat terlaksana dan terselesaikan dengan baik, akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa dalam pelaksanaannya penulis memiliki banyak kendala yang harus diselesaikan untuk dapat membuat program terlaksana dengan baik. terlaksananya program dengan baik tidak lepas dari bantuan pihak-pihak terkait baik dari pembimbing lapangan, pihak UPT, maupun pihak-pihak dari SD Muhammadiyah Wirobrajan 3.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, UPT pengelola TK dan SD wilayah Barat Kota Yogyakarta, program individu, forum karyawan, strategi kebijakan sekolah dalam mendisiplinkan siswa.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2017 07:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49806

Actions (login required)

View Item View Item