LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI UPT PENGELOLA TK DAN SD YOGYAKARTA WILAYAH BARAT

Faizal Rizkitama, Faizal Rizkitama (2016) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI UPT PENGELOLA TK DAN SD YOGYAKARTA WILAYAH BARAT. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FAIZAL RIZKITAMA (13110241047).pdf

Download (693kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mempunyai beberapa mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa sebagai syarat kelulusan. Salah satu mata kuliah wajib itu ialah Praktik Pengalaman Lapangan(PPL). Pelaksanaan Kegiatan PPL ini sendiri diselenggarakan oleh LPPMP UNY pada semester gasal yaitu mulai tanggal 15Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Dalam kesempatan ini mahasiswa melaksanakan PPL di UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Barat Kota Yogyakarta Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan di UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Barat Kota Yogyakarta sebelum penerjunan kemudian diwujudkan dalam beberapa program. Adapun penelitian individu adalah penelitian mengenai implementasi pendidikan inklusi di SD Negeri Tamansari 1 dan program utama adalah pembaruan website UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Barat Kota Yogyakarta. Selain program individu utama ada juga program tambahan. Untuk program tambahan adalah membantu mengurus administrasi pengelola barang, mengarsip daftar pembayaran gaji induk dan gaji ke PNS atau CPNS, pembuatan struktur organisasi, mengagendakan surat masuk dan mengarsipkan surat keluar, serta membantu proses legalisir yang diajukan kepada Kepala UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Barat Kota Yogyakarta. Pelaksanaan program individu PPL dapat dilaksanakan dengan baik namun dalam pelaksanaannya tidak dapat dipungkiri terdapat banyak hambatan-hambatan, namun hambatan yang terjadi dapat diatasi dengan baik atas kerjasama antara Anggota PPL UNY 2016 maupun dengan pihak UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Barat Kota Yogyakarta. Hasil dari penelitian individu adalah draft laporan hasil penelitian mengenai implementasi pendidikan inklusi di SD Negeri Tamansari 1 yang termasuk dalam area kerja pengelolaan UPT TK dan SD Wilayah Barat Kota Yogyakarta, sedangkan hasil dari program utama adalah website UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Barat Kota Yogyakarta yang berdesain lebih baru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Barat Kota Yogyakarta, Program Individu, Impelementasi Pendidikan Inklusi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2017 07:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49804

Actions (login required)

View Item View Item