LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

AYU ALFIYATI, AYU ALFIYATI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
AYU ALFIYATI (13110241045).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, termasuk pula mahasiswa program studi Kebijakan Pendidikan. PPL sebagai sarana untuk membentuk kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik atau tenaga non kependidikan. Dengan adanya PPL selain mahasiswa dapat memraktikkan dan memverifikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah, selain itu juga dapat belajar secara langsung dari lapangan (real teaching, real working, real life). Pengalaman yang diperoleh di lapangan dapat melengkapi dan menyempurnakan ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah. Melalui PPL mahasiswa dipersiapakan menjadi tenaga pendidik atau nonkependidikan yang memilkiki kemampuan profesional secara utuh dengan dilandasi dengan karakter sebagai calon tenaga ahli yang profesional dan memiliki wawasan global. Selain itu juga diarahkan untuk memberikan pengalaman lain, yaitu penelitian dan peyusunan program. Kegiatan PPL tahun 2016 ini penulis laksanakan di UPT Pengelola TK dan SD Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Wilayah Timur. Penelitian yang dilakukan di SDN Tukangan sebagai sekolah naungan UPT Wilayah Timur telah memberikan pola atau desain tersendiri dalam mengimplementasikan Program Pendidikan Anti Korupsi (PAK). Pola yang dimaksud terdiri dari strategi sekolah dalam penerapan PAK, anggaran untuk PAK, faktor pendukung, faktor penghambat, dan hasil yang dicapai. Selain melaksanakan penelitian, mahasiswa juga memperoleh pengalaman dalam penyusunan program, yaitu Penyiapan Program Festival Lomba Seni Siswa Nasional Sekolah Dasar (FLS2N-SD) di UPT Pengelola TK dan SD Yogyakarta Wilayah Timur. Penyiapan yang telah memberikan gambaran untuk FLS2N tahun 2017 diantaranya penyediaan jadwal, ketentuan peserta, dan formulir serta penyuratannya. Dari penelitian dan program dapat memberikan pengalaman dan kesadaran tentang pentingnya pengambilan kepetusan atau penentuan kebijakan yang relevan dalam menyelesaikan suatu masalah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, UPT Wilayah Timur Kota Yogyakarta, Penelitian, Program, Mahasiswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2017 07:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49803

Actions (login required)

View Item View Item