LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016 LOKASI : SD NEGERI GOLO

Tri NurMufidah, Tri NurMufidah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016 LOKASI : SD NEGERI GOLO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TRI NUR MUFIDAH_13108241039_LAPORAN INDIVIDU PPL 2.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Program PPL II merupakan salah satu kegiatan yang membantu mahasiswa dalam meningkatkan pengalaman secara langsung sesuai dengan bidang perkuliahan yang dijalankan. Selain itu Program PPL II ini merpuakan penerapan dari ilmu yang diperoleh mahasiswa selama perkuliahan berlangsung. SD Negeri Golo merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL II pada tahun 2016.PPL ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa dunia kerja yang sesungguhnya dengan mengangbil pengalaman dalam mengajar di sekolah dan juga segala kegiatan yang dilakukan di dalam sekolah tersebut seperti kegiatan ekstra maupun administrasi yang ada di dalamnya. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak empat kali yang dilaksanakan pada 22 Juli 2016, 27 Juli 2016, 3 Agustus 2016 dan 10 Agustus 2016 dan praktik mengajar mandiri sebanyak dua kali yang dilaksanakan tanggal 28Juli 2014 dan24 Agustus 2016, serta dilaksanakan ujian praktik mengajar dua kali mengajar yang dilaksanakan tanggal 08 September 2016 dan 09 September 2016. Praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL II meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL II meliputi tahap observasi sekolah dan pembuatan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Pada pelaksaanaan PPL II di SD Negeri Golo, dapat diungkapkan bahwa mahasiswa dapat menerapakan teori dan mengimplementasi ilmu kependidikan yang telah didapatkan saat perkuliahan, dengan harapan menjadi bekal yang bermanfaat agar dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional. Adapun beberapa hambatan yang ditemui dalam melaksanakan PPL, antara lain kurangnya komunikasi dengan guru pendamping lapangan, alokasi waktu kurang, penguasaan kelas, kurangnya refleksi dari guru kelas yang menilai proses pembelajaran yang dilakukan mahasiswa PPL dan materi yang terus berkembang, namun di sisi lain hal tersebut juga untuk kebaikan mahasiswa agar bisa lebih baik lagi dan menjadi motivasi agar lebih mengembangkan kemampuan yang dimiliki mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, SD Negeri Golo
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49797

Actions (login required)

View Item View Item