LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016 LOKASI: SD NEGERI GOLO

Ria Vionita Sari, Ria Vionita Sari (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016 LOKASI: SD NEGERI GOLO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RIA VIONITA SARI_13108241038_LAPORAN INDIVIDU PPL 2.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Program PPL II Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus 2016 memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SD Negeri Golo merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL II pada tahun 2016. Tujuan dari program PPL II adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak empat kali, praktik mengajar mendiri sebanyak dua kali, serta pelaksanaan ujian sebanyak dua kali. Praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL II meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL II meliputi tahap observasi sekolah dan pembuatan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Pada pelaksaanaan PPL II di SD Negeri Golo, dapat diungkapkan bahwa mahasiswa dapat menerapakan teori dan mengimplementasi ilmu kependidikan yang telah didapatkan saat perkuliahan, dengan harapan menjadi bekal yang bermanfaat agar dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional. Adapun beberapa hambatan yang ditemui dalam melaksanakan PPL, antara lain kurangnya komunikasi dengan guru pendamping lapangan, alokasi waktu kurang, penguasaan kelas, kurangnya refleksi dari guru kelas yang menilai proses pembelajaran yang dilakukan mahasiswa PPL dan materi yang terus berkembang, namun di sisi lain hal tersebut juga untuk kebaikan mahasiswa agar bisa lebih baik lagi dan menjadi motivasi agar lebih mengembangkan kemampuan yang dimiliki mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, SD Negeri Golo
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49795

Actions (login required)

View Item View Item