Kepemimpinan Kepala Sekolah di Daerah Konflik (Studi Kasus SDIT Lukmannulhakeem Yaha)

Hile, Lukmannulhakeem (2017) Kepemimpinan Kepala Sekolah di Daerah Konflik (Studi Kasus SDIT Lukmannulhakeem Yaha). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lukmannulhakeem hile-14703259004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi kepemimpinan kepala sekolah di SDIT Lukmanulhakeem Yaha sebagai sekolah yang berada di daerah konflik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta dianalisis secara kualitatif menggunakan teknik analisis data model interaktif Miles and Huberman. Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut. 1) kepala sekolah sebagai pendidik selalu memberikan kesempatan kepada guru-guru untuk meningkatkan profesionalisme dengan cara melanjutkan studi, pelatihan, seminar, dan workshop. 2) kepala sekolah sebagai manajer melibatkan guru dan tenaga kependidikan dalam menyusun program kegiatan di sekolah. 3) kepala sekolah sebagai adminitrator mengatur bagian administrasi yang mengurus segala hal yang berkaitan dengan kearsipan sekolah. 4) kepala sekolah sebagai supervisor melakukan evaluasi terhadap kinerja guru dan tengana kependidikan melalui evaluasi secara bersama-sama ketika mengadakan rapat setiap seminggu sekali dan evaluasi melalui laporan kinerja yang diserahkan oleh guru setiap satu bulan sekali. 5) kepala sekolah sebagai leader mengarahkan tingkah laku individu atau kelompok untuk memiliki kemampuan atau keahlian khusus dalam bidang yang diinginkan oleh kelompoknya. 6) kepala sekolah sebagai motivator berusaha membangun hubungan yang harmonis kepada sesama guru, tenaga kependidikan dan murid dengan cara mengadakan kegiatan studi banding bersama-sama sekaligus berwisata, melakukan kunjungan ke rumah murid yang tertimpa musibah atau menjadi korban konflik. 7) kepala sekolah sebagai inovator melakukan inovasi pembaharuan pendidikan yaitu: melakukan perubahan kurikulum, otonomi pendidikan, tunjangan kesejahteraan guru, workshop, pemberdayaan putra daerah dan meningkatkan keamanan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen dan organisasi sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2017 02:41
Last Modified: 21 Oct 2021 05:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49777

Actions (login required)

View Item View Item