Evaluasi Kinerja Siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan pada Praktik Kerja Industri di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman

Trianingsih, Lilis (2017) Evaluasi Kinerja Siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan pada Praktik Kerja Industri di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lilis-trianingsih-14702251075.swf

Download (27MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja, employability skill, technical skill, dan mengungkap perbedaan kinerja siswa antar SMK kompetensi keahlian teknik gambar bangunan pada praktik kerja industri di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman berdasarkan penilaian industri. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi bermodel evaluasi kesenjangan dengan subjek penelitian siswa SMK kompetensi keahlian teknik gambar bangunan di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Populasi berjumlah 192 siswa, diperoleh ukuran sampel sebanyak 124 siswa yang ditentukan berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan α sebesar 5%. Teknik sampling dilakukan secara proportional random sampling. Sumber informasi diperoleh dari industri dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, lembar penilaian dan dokumentasi. Instrumen lembar penilaian divalidasi dengan teknik expert judgment dan indeks validitas Aiken V serta reliabilitas diestimasi menggunakan rumus Interclass Correlation Coefficient. Validitas angket dihitung dengan teknik analisis faktor eksploratori dan reliabilitas diestimasi menggunakan rumus Cronbach Alpha. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis uji wilcoxon matched pairs untuk mendeskripsikan serta mencari besar kensenjangan kinerja siswa SMK sesuai standar yang telah ditentukan, sedangkan analisis multivariat diterapkan untuk mengungkap perbedaan kinerja siswa antar SMK pada praktik kerja industri menurut penilaian industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kinerja siswa yang menjadi subjek penelitian termasuk dalam kategori baik dengan tingkat kesenjangan kecil sebesar 26,24% mean 73,74 dalam skala 100 menurut penilaian industri dan 20,61% mean 79,39 dalam skala 100 menurut penilaian diri siswa; (2) employability skill siswa termasuk dalam kategori baik dengan tingkat kesenjangan kecil sebesar 25,82% mean 74,18 dalam skala 100 menurut penilaian industri dan 20,81% mean 79,19 dalam skala 100 menurut penilaian diri siswa; (3) technical skill siswa termasuk dalam kategori baik dengan tingkat kesenjangan kecil sebesar 26,66% mean 73,34 dalam skala 100 menurut penilaian industri dan 20,42% mean 79,58 dalam skala 100 menurut penilaian diri siswa; dan (4) terdapat perbedaan signifikan kinerja siswa antar SMK pada praktik kerja industri menurut penilaian industri dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, dan berdasarkan hasil test of between subjects effects menunjukkan bahwa kinerja siswa antar SMK berbeda secara signifikan disemua aspek baik pada employability skill maupun technical skill.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2017 02:11
Last Modified: 29 Jan 2019 12:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49773

Actions (login required)

View Item View Item