LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Ika Oktafiya Surya, Ika Oktafiya Surya (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa S1 sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana kependidikan. Dengan diadakan Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan disekolah, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar dikelas, sehingga mahasiswa dapat menjadi calon pendidik yang profesional, tanggap serta dapat mengikuti perkembangan dalam ilmu pendidikan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Negeri 5 Yogyakarta lokasi sekolah tesebut di Jalan Kenari no. 71 Yogyakarta, kegiatan tersebut dimuali dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Sebelum melakukan praktik mengajar kegiatan awal yang dilaksanakan adalan observasi lingkungan sekolah SMK Negri 5 Yogyakarta, meliputi keadaan lingkungan sekolah, kegiatan belajar mengajar praktik maupun teori. Dengan diadakannya observasi mahasiswa dapat mengetahui situasi nyata Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) oleh guru di SMK Negeri 5 Yogyakarta, sehingga data yang diperlukan untuk menunjang kegiatan pembelajaran dapat diperoleh diantaranya media dalam kegiatan belajar mengajar, potensi dari siswa, hambatan yang tedapat dalam kegiatan KBM. Mahasiswa juga dapat memanahi sistem administrasi kurikulum 2013 yang diterapkan disekolah dan memberi pengaplikasian yang telah diperoleh di bangku kuliah, data tersebut dapat digunakan untuk bahan dalam melaksanankan kegiatan belajar megajar. Dalam kegiatan PPL ini penulis memperoleh mata pembelajaran Desain Produk untuk kelas X Keramik A dan B, serta mata pembelajaran Dasa-Dasar Desain untuk kelas X Keramik B dan XI Keramik A. Dengan terselesainya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini mahasiswa dihaparpakn dalam menggali potensi didalam dirinya sebagai calon pendidik. Sehingga nantinya dapat menjadi guru yang profesional dibidangnya dan mampu mengembangkan metode dalam pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2017 01:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49767

Actions (login required)

View Item View Item