LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SD NEGERI GEDONGKIWO

Irma Meilina Nurfajriati, Irma Meilina Nurfajriati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SD NEGERI GEDONGKIWO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAP_PPL_IRMA MEILINA NURFAJRIATI_13108241045_PGSD.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 15 Juli-15 September tahun 2016. PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman dan melatih kemampuan mengajar bagi mahasiswa di sekolah dengan harapan agar mahasiswa dapat mengembangkan kemampuannya baik dalam bidang pengetahuan maupun keterampilan di SD Negeri Gedongkiwo yang merupakan salah satu sekolah yang terpilih menjadi tempat dilaksanakannya PPL UNY tahun 2016, serta memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk lebih mengenal lingkungan sekolah dan permasalahan yang ada di sekolah. Program PPL terdiri dari program mengajar dan program non mengajar. Program mengajar meliputi praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri. Praktik mengajar terbimbing dilakukan sebanyak 4 kali dan praktik mengajar mandiri dilakukan sebanyak 4 kali yang dimulai sejak tanggal 18 Juli sampai 03 September 2016. Sedangkan untuk ujian praktik mengajar dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pada tanggal 07 dan 08 September 2016. Sementara untuk program non mengajar yang dilaksanakan meliputi upacara bendera senin pagi, penyambutan siswa, kerja bakti, pelatihan USAID, pendampingan teman mengajar, senam, administrasi guru, administrasi sekolah, administrasi kelas, administrasi perpustakaan, perawatan TOGA, piket perpustakaan, diskusi kelompok PPL, pendampingan ekstrakurikuler, pendampingan seminar parenting bagi seluruh wali murid, upacara bendera peringatan HUT RI ke-7, lomba-lomba dalam rangka memperingati HUT RI ke-71, pendampingan penyembelihan hewan qurban dan penyusunan laporan. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan melatih kemampuannya dalam bidang pendidikan seperti mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan sehingga dapat mengimplementasikannya secara langsung di sekolah. Selain itu, PPL juga bertujuan untuk membina hubungan dan komunikasi yang baik dengan siswa dan sesama tenaga pendidik ataupun hubungan dengan perangkat sekolah lainnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, Praktik Mengajar, SD
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jun 2017 07:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49758

Actions (login required)

View Item View Item