Pengembangan Kit Praktikum Fisika Berbasis Sistem PDL (Personal Desk Laboratory) untuk Meningkatkan Inventiveness Atittude dan Kemampuan Problem Solving Siswa SMA

Mimi, Maria Beatriks (2017) Pengembangan Kit Praktikum Fisika Berbasis Sistem PDL (Personal Desk Laboratory) untuk Meningkatkan Inventiveness Atittude dan Kemampuan Problem Solving Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maria-beatriks-mimi-14726251029.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan kit praktikum fisika berbasis sistem PDL beserta perangkat pembelajaran pendukung yang layak dalam pembelajaran fisika, (2) mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan problem solving pada siswa setelah menggunakan kit praktikum fisika yang dikembangkan berserta perangkat pembelajaran pendukung dalam proses pembelajaran di kelas, dan (3) mengetahui ada tidaknya peningkatan Inventiveness Attitude pada siswa setelah menggunakan kit praktikum fisika yang dikembangkan beserta perangkat pembelajaran pendukung dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini mengacu pada langkah pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang meliputi (1) research and information Collecting, (2) planning, (3) develop preliminary of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field test, dan (7) final product revision. Subjek uji coba lapangan awal ini terdiri atas 32 siswa SMA Negeri 1 Ende kelas XE. Subjek uji coba lapangan utama pada kelas ekperimen terdiri atas 30 siswa Kelas XB dan pada kelas kontrol terdiri atas 30 siswa kelas XA pada sekolah yang sama. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi problem solving, lembar observasi inventiveness attitude, dan angket respon siswa. Analisis data mengggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%, uji efektivitas (perhitungan N-Gain dan Uji GLM (General Linear Model)), dan persentase jawaban siswa dalam angket. Hasil penelitian ini berupa Kit Praktikum Fisika Berbasis PDL beserta perangkat pembelajaran pendukung yaitu RPP, LKS dan Buku Petunjuk Praktikum. Menurut penilaian para ahli dan praktisi serta hasil analisis angket respon siswa Kit Praktikum Fisika Berbasis PDL beserta perangkat pembelajaran pendukungnya layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Penerapan Kit Praktikum Fisika Berbasis PDL beserta perangkat pembelajaran pendukungnya dapat meningkatkan kemampuan problem solving. Penerapan Kit Praktikum Fisika Berbasis PDL beserta perangkat pembelajaran pendukungnya dapat meningkatkan inventiveness attitude siswa. Kesimpulan tersebut berdasarkan hasil analisis lembar observasi, uji MANOVA dan uji efektivitas (perhitungan N-Gain dan Uji GLM (General Linear Model)).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: fisika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2017 07:47
Last Modified: 29 Jan 2019 12:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49757

Actions (login required)

View Item View Item