LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

MUHAMMAD WIDYA ARI WIBOWO, MUHAMMAD WIDYA ARI WIBOWO (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa UNY jurusan S1 untuk memperoleh gelar sarjana kependidikan. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan diharapakan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam melakukan kegiatan mengajar dalam kelas, sehingga akan menjadikan calon pendidik yang profesional dan tanggap dalam mengikuti perkembangan ilmu pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMKN 5 Yogyakarta, tepatnya di JL. Kenari Yogyakarta ini dimulai pada tanggal 18 Juli 2016 dan diakhiri pada tanggal 15 September 2016. Sebelum melakukan PPL mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMKN 5 Yogyakarta. Observasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 25 Februari. Dengan adanya observasi ini mahasiswa dapat mengetahui kondisi nyata situasi kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam kelas yang dilakukan oleh Guru. Sehingga berbagai data terkait proses kegiatan pembelajaran dapat diperoleh mahasiswa diantaranya media yang digunakan dalam KBM, potensi siswa dalam kelas, faktor penghambat kegiatan KBM dll. Data yang sudah didapat dapat dari hasil observasi dapat digunakan sebagai modal untuk mempersiapkan kegiatan mengajar selama PPL. Dalam kegiatan PPL ini penulis memperoleh mata pelajaran dasar – dasar kekriyaan. Mata pelajaran ini adalah mata pelajaran teori yang diberikan pada kelas X Kayu A dan X Kayu B. selain itu, penulis juga mendapat kesempatan untuk pendampingan guru mengajar mata pelajaran praktik kompetensi scroll di kelas XII Kayu A dan XII Kayu B. Dengan selesainya kegiatan PPL ini mahasiswa dapat mengembangkan potensi-potensi dalam dirinya sebagai calon tenaga pendidik. Sehingga nantinya dapat menjadi guru yang profesional di bidangnya dan senantiasa mampu mengembangkan metode-metode dalam pelaksanaan kegiatan KBM secara optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jun 2017 06:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49751

Actions (login required)

View Item View Item