LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 PIYUNGAN

Muhammad Azis Apriyanto, Muhammad Azis Apriyanto (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 PIYUNGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sejarah_apri.pdf

Download (95MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu lembaga pencetak tenaga pengajar berusaha meningkatkan kualitas pendidikannya agar menghasilkan lulusan yang unggul dan profesional serta siap bersaing di dunia kerja. Salah satu usaha tersebut adalah dengan diadakannya program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang pada periode kali ini berlangsung dari 15 Juli-15 September 2016. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Penyusun melakasanakan Pratik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Piyungan. Praktik pengalaman lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya. Hal ini tentunya akan sangat berguna untuk menjadi bekal sebagai calon tenaga pendidik. Kegitan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Praktik mengajar dilaksanakan tanggal 15 Juli-15 September 2016. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberikan kesempatan mengajar sebanyak 15 kali. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas XD, XE, dan XF. Hasil yang dapat dipetik oleh mahasiswa selama pelaksanaan PPL yaitu penerapan ilmu pengetahuan dan prakik keguruan dalam bidang Pendidikan Sejarah yang diperoleh dibangku perkuliahan. Adapun hasil yang dicapai selama PPL, mahasiswa memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar walaupun terdapat kendala pada awalnya. Kendala-kendala ini dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan guru pembimbing dan terus memperbaiki diri selama proses pembelajaran berupa PPL. Dengan adanya PPL, mahasiswa dapat merasakan secara langsung bagaimana menjadi guru dan menghadapi berbagai kondisi dan situasi yang ada di kelas. Mahasiswa juga berhadapan langsung dengan siswa dengan segala keragaman dan problematika yang dihadapinya. Dapat dikatakan, proses PPL mahasiswa di SMA Negeri 1 Piyungan berjalan dengan lancar. Meskipun demikian, penyusun menghimbau supaya hubungan kerjasama antara pihak sekolah dan Universitas Negeri Yogyakarta terus ditingkatkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Praktik, SMA Negeri 1 Piyungan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jun 2017 05:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49737

Actions (login required)

View Item View Item