LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) BIMBINGAN DAN KONSELING SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA

RITA ENDAH SARASWATI, RITA ENDAH SARASWATI (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) BIMBINGAN DAN KONSELING SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman lapangan (PPL) Merupakan mata kuliah praktik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta, PPL dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan pengalaman mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah guna melatih dan mengembangkan kompentensi keguruan serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari permasalahan – permasalahan sekolah terkait dengan pengelolaan proses pembelajaran maupun non pembelajaran. Kegiatan Praktik pengalaman lapangan (PPL) Dilaksanakan di SMP Negeri 4 Yogyakarta yang berlangsung mulai tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016, pelaksanaan kegiatan PPL Dimulai dari observasi lingkungan sekolah, perumusan program dan rancangan kegiatan PPL hingga pelaksanaan program PPL, Selama kegiatan Mahasiswa PPL Melaksanakan berbagai program layanan yang berhubungan dengan bimbingan dan konseling yang memuat empat bidang layanan yaitu bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir dengan tujuan untuk menfasilitasi siswa dalam proses perkembangan belajar dan pengoptimalan potensi yang dimiliki oleh siswa, program berjalan sesuai dengan rancangan program yang telah disusun dan tujuan yang ingin dicapai, karena tidak ada jam khusus untuk BK, dalam pelaksanaan nya mahasiswa PPL Mengunakan jam pelajaran kosong maupun kerjasama dengan guru mapel lain serta jam istirahat dan pulang sekolah. Hasil dari pelaksanaan PPL Selama kurang lebih dua bulan di SMP Negeri 4 Yogyakarta dapat dipetik yaitu mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh dari pengalaman belajar mahasiswa di Universiatas Negeri Yogyakarta serta memberikan pengalaman berupa bekal untuk mengembangkan diri sebagai pendidik yang profesional, memiliki pengetahuan, nilai, sikap, serta ketrampilan yang diperlukan dalam profesi nya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jun 2017 05:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49734

Actions (login required)

View Item View Item