LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

MONALIA YULIANA, MONALIA YULIANA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikan ilmu teoretis yang sudah diperoleh dari bangku perkuliahan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi program studi kependidikan dan sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tesebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada Mahasiswa untuk menerapkan hasil pembelajaran yang telah diperoleh selama mengikuti belajar di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi yang harus dimiliki bagi seorang pendidik yaitu Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogi, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Kepribadian. Program PPL ini dilaksanakan di SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA yang beralamat di Jalan Hayam Wuruk No. 18 kota Yogyakarta. Persiapan yang dibutuhkan sebelum mengajar antara lain, observasi, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta mempersiapkan media pembelajaran. Kemudian telah diamanahi oleh guru pembimbing untuk mengajarkan materi Bahasa Jawa khususnya Bahasa Jawa kelas Kelas VII dan VIII semester gasal. Dalam kegiatan PPL di SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas VII D , VII E, VIII A, VIII B, dan VIII C, VIII D dan VIII E. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata terkaitan dengan penerapan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jun 2017 04:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49725

Actions (login required)

View Item View Item