LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

FEBRIAN WISMOYO N, FEBRIAN WISMOYO N (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu matakuliah wajib bagi program studi kependidikan dan sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tersebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada Mahasiswa peserta PPL untuk mempraktikan hasil pembelajaran yang telah diperoleh selama di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi yang harus dimiliki bagi seorang pendidik yaitu Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogi, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Kepribadian. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA yang beralamat di Jalan Hayam Wuruk no 18 kota Yogyakarta Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA, praktikan mengajarkan materi Penjasorkes Kelas VII dan VIII semester gasal. Persiapan yang dibutuhkan sebelum mengajar antara lain, observasi, konsulasi dengan guru pembimbing, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta mempersiapkan media pembelajaran. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA yang dimulai dari tanggal 17 September 2016 sampai dengan 14 September 2016 ini antara lain dapat menerapkan dan mengembangkan Kompetensi Keguruan, Kependidikan, Pengembangan Materi Pembelajaran, dan menerapkan Metode Pengajaran baru yang diperoleh selamadiperkuliahan Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam kegiatan PPL di SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas VII B, VII E, VIII B, VIII B, VIII C, VIII D. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jun 2017 02:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49723

Actions (login required)

View Item View Item