PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS GUIDED NOTE TAKING (GNT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X SMA NEGERI 1 JETIS

Roziqiyah, Siti and Wiyatmo, Yusman (2017) PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS GUIDED NOTE TAKING (GNT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X SMA NEGERI 1 JETIS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SITI ROZIQIYAH_13302241041.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan handout berbasis guided note taking, 2) mengetahui peningkatan minat belajar, dan 3) peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan handout berbasis guided note taking tersebut pada pembelajaran fisika materi Fluida Statis lintas minat kelas X IPS di SMA N 1 Jetis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D. Tahap define meliputi analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, perumusan tujuan pembelajaran, dan penyusunan intrumen penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi RPP, lembar keterlaksanaan RPP, angket minat belajar, lembar pretest-posttest, angket respon peserta didik, dan angket validasi instrumen. Tahap design dilakukan perancangan format handout berbasis guided note taking. Tahap develope dilakukan validasi instrumen penelitian, revisi I, uji coba terbatas dilakukan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas butir soal tes serta butir pernyataan minat belajar, revisi II dan melakukan uji coba lapangan atau operasional. Tahap disseminate dilakukan dengan penyebaran handout berbasis guided note taking di SMA N 1 Jetis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik, sedangkan non tes digunakan untuk mengukur minat belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya: rerata baku untuk menilai kelayakan RPP, Handout, dan respon peserta didik, Aikens’V untuk mengetahui validitas isi soal tes dan angket minat belajar, standard gain untuk mengukur peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik, Analisis butir tes modern untuk mengetahui validitas dan reliabilitas butir soal tes, dan Bivariate Pearson serta Alfa Cronbach untuk mengetahui validitas dan reliabilitas butir pernyataan minat belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) handout berbasis guided note taking yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan rata-rata penilaian ahli terhadap handout sebesar 54 dengan kategori sangat baik, 2) peningkatan minat belajar peserta didik setelah menggunakan handout berbasis guided note taking memiliki nilai gain sebesar 0,42 dengan kategori sedang, dan 3) peningkatan hasil belajar ranah kognitif memiliki nilai standard gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Kata kunci: handout, guided note taking, kelayakan, minat belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 13 Jun 2017 03:44
Last Modified: 30 Jan 2019 14:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49722

Actions (login required)

View Item View Item