LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 PIYUNGAN

Miftahul Hidayati, Miftahul Hidayati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 PIYUNGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fisika_mifta.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program mata kuliah wajib dengan bobot sebanyak 3 SKS yang harus wajib ditempuh oleh mahasiswa S-1 kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, unuk diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal. Lokasi PPL praktikan adalah di SMA Negeri 1 Piyungan yang beralamatkan di Karanggyam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, dilaksanakan selama 2 bulan terhitung dimulai dari tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 Juli 2016. Kegiatan ini terdiri dari observasi dikelas, praktik mengajar dan praktik manajemen adsministrasi sekolah yang diselenggrakan oleh pihak SMA Negeri 1 Piyungan. Dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa diwajibkan harus melakukan tatap muka terbimbing sebanyak 8 kali. Proses pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Piyungan dapat dikatakan telah berjalan lancar. Praktik mengajar fisika dilakukan di kelas XI-IPA 2 dan XI-IPA 4. Materi yang diajarkan yaitu “Kinematika Gerak dengan Analisis Vektor” dan “Praktikum Menentukan Percepatan Gravitasi Bumi”. Dalam praktik mengajar alokasi tatap muka dengan masing-masing kelas XI-IPA 2 dan XI-IPA 4 dalam satu minggu sebanyak 5 jam pelajaran. Setelah melakukan praktik mengajar beberapa kali dapat menyimpulkan awal bahwa siswa memiliki kemampuan berbeda-beda dan kesibukan diluar jam sekolah yang berbeda-beda. Hal ini juga praktikan sebagai calon guru harus memahami perbedaan tersebut. Metode pembelajaran yang digunakan adalah direct instruction dimana dalam metode tersebut mencakup diskusi dan tanya jawab. Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman dari segi kognitif dan afektif, siswa sering melakukan interaksi dengan praktikan dengan mengajukan pertanyaan untuk materi yang belum dipahami. Untuk mengecek pemahaman siswa, praktikan telah melakukan ulangan harian sebanyak 2 kali. Hasil ulangan harian masih menunjukkan 50 % siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) setelah melalui proses KBM. Pemberian remidi dan pengayaan untuk siswa, dengan syarat pemberian remidid diberikan bagi siswa yang belum mencapai KKM, sedangkan untuk program pengayaan diberikan kepada siswa yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dengan adanya PPL, diharapakan mahasiswa dapat merasakan secara langsung bagaimana menjadi guru yang dapat mengajar yang dapat membuat siswa merasa senang dalam setiap mengikuti pelajaran itu dan dapat mengetahui bagaimana cara mengatasi permasalahan siswa, mengelola kelas, . Selain itu, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat menjadi bekal bagi praktikan selaku mahasiswa pendidikan fisika untuk menjadi guru yang profesional di masa mendatang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Direct Instruction, PPL UNY 2016, SMA Negeri 1 Piyungan, Fisika, Kinematika Gerak dengan Analisis Vektor dan Praktikum Percepatan Gravitasi Bumi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jun 2017 02:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49719

Actions (login required)

View Item View Item