LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

MARIYATUL KIBTIYAH, MARIYATUL KIBTIYAH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi program studi kependidikan dan sebagai ajang untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan profesional. Oleh karena itu, Mahasiswa diberi kesempatan untuk mempraktikan pengalaman dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah untuk melatih dan mengembangkan kompetensi yang harus dimiliki bagi seorang pendidik yaitu Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogi, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Kepribadian dengan ilmu yang telah diperoleh selama di kampus. Program PPL ini dilaksanakan di SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA yang beralamat di Jalan Hayam Wuruk No 18 Kota Yogyakarta. Mulai dari tanggal 18 Juli – 15 September 2016. Persiapan yang dibutuhkan sebelum mengajar antara lain, observasi, konsulasi dengan guru pembimbing, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta mempersiapkan media pembelajaran. Dalam hal ini, guru pembimbing memberikan amanah untuk mengajarkan materi IPA khususnya Kelas VII E semester gasal. Dalam kegiatan PPL di SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA, penulis mendapat kesempatan mengajar dikelas VII E, lalu berkesempatan untuk menjadi Pembimbing Rohis SMP. Selain itu, diberi kesempatan untuk mengikuti beberapa agenda sekolah seperti upacara bendera, piket mingguan, Hari Raya Idul Qurban dan sebagainya. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan penerapan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jun 2017 02:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49716

Actions (login required)

View Item View Item