LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN

Inayatul Laili, Inayatul Laili (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Biologi_ina.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu lembaga pencetak tenaga pengajar berusaha meningkatkan kualitas pendidikannya agar menghasilkan lulusan yang unggul dan profesional serta siap bersaing di dunia kerja. Salah satu usaha tersebut adalah dengan diadakannya program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tujuan dilaksanakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, manajerial dan teknik mengajar disekolah atau lembaga lain dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Program PPL ini berusaha memberdayakan masyarakat sekolah secara maksimal sesuai dengan kemampuan. Kegiatan PPL ini dimulai dari tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan secara bertahap, yaitu dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap lagi, yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi mengajar. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberikan kesempatan mengajar sebanyak 23 kali. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas XA, XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 4. Hasil dari pelaksanaan PPL selama dua bulan di SMA Negeri 1 Piyungan ini dapat diperoleh mahasiswa berupa penerapan Ilmu Pengetahuan dan Praktik Keguruan, dalam hal ini khususnya bidang pendidikan biologi yang diperoleh selama menimba ilmu di Universitas Negeri Yogyakarta. Hasil yang dicapai selama PPL, mahasiswa memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial disekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar namun ada beberapa kendala. Kendala-kendala tersebut diatasi dengan berkonsultasi dengan guru pembimbing dan terus memperbaiki diri selama proses pembelajaran. Dalam pelaksaan PPL ini mahasiswa banyak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan dalam hal kependidikan yang berguna di kemudian hari yang belum tentu didapat dibangku perkuliahan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Mahasiswa PPL, SMA Negeri 1 Piyungan, Biologi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jun 2017 02:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49715

Actions (login required)

View Item View Item