LAPORAN HASIL INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Ogi Permana, Ogi Permana (2016) LAPORAN HASIL INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan PPL_Ogi Permana_13601241082.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program dari Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada waktu semester khusus tahun akademik 2016/2017 Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi yang berlokasi di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Praktik Pengenalan Lapangan bertujuan untuk memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam menguasai kemampuan keguruan atau keahlian lainnya sehingga dapat membangun tugas dan tanggung jawab secara profesional. Disinilah mahasiswa dituntut untuk dapat berinteraksi dengan berbagai pihak untuk menjadikan KBM yang dilaksanakan berjalan dengan baik. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah makna pembentukan calon guru atau tenaga kerja kependidikan yang profesional. Berhubungan dengan hal tersebut maka, praktikan memiliki program PPL untuk menuju ke arah tersebut diantaranya praktik mengajar. Hal ini bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang dimiliki ke dalam Praktik keguruan. Selama kurang lebih 2 bulan lamanya, terhitung dari tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016, mahasiswa berkesempatan untuk melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Pada kesempatan ini mahasiswa mengajar mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Kelas yang ampuh yaitu kelas IX A dan kelas VII G pada hari selasa jam ke 1-6, kelas IX B dan VII H pada hari rabu jam ke 1-6, kelas IX C dan kelas VII J pada hari kamis jam ke 1-6, kelas IX D pada hari jumat pada jam ke 1-3. Pada tahap pertama mahasiswa melakukan konsultasi dengan guru pembimbing mengenai proses belajar mengajar. Kemudian, mahasiswa melakukan praktik pengajaran yang dibimbing oleh guru pembimbing. Persiapan yang dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar antara lain membuat RPP dan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran antara lain ceramah, resiprokal, diskusi, demontrasi, Tanya Jawab. Hasil dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 15 Yogyakarta mahasiswa mengetahui dan dapat membuat administrasi guru dalam mengajar antara lain RPP, daftar hadir siswa, dan lembar penilaian. Disamping itu ada piket Loby dan Perpustakaan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, mengajar, SMP Negeri 15 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Jun 2017 01:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49714

Actions (login required)

View Item View Item