MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI YANG BERORIENTASI PADA KECERDASAN VISUAL SPASIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SD KAREN BANTUL

Rohmad, Yai (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI YANG BERORIENTASI PADA KECERDASAN VISUAL SPASIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SD KAREN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Yai Rohmad.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Karen Bantul dengan menggunakan strategi yang berorientasi pada kecerdasan visual spasial. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas V Sekolah Dasar Negeri Karen Bantul. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Karen Bantul yaitu 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif, observasi, dan dokumentasi. Tes objektif digunakan untuk mengukur hasil belajar IPS siswa, lembar observasi bertujuan mengamati aktivitas guru dan siswa saat pembelajaran IPS dengan strategi yang berorientasi pada kecerdasan visual spasial, sedangkan dokumentasi bertujuan mengumpulkan informasi tentang hasil belajar siswa kelas V. Validasi instrumen dilakukan oleh internal dosen pembimbing. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, hasil belajar siswa pada pra siklus atau sebelum diberi tindakan rata-rata nilai belajar dalam kelasnya 59,54 dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 3 siswa atau 13,64%sedangkan pada siklus I rata-rata nilai belajar dalam kelasnya meningkat menjadi 77,73 dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 14 siswa atau 63,64% serta di siklus II rata-rata nilai belajar siswa dalam kelas mencapai 89,55 dengan siswa yang mencapai KKM sebanyak 19 siswa atau 86,36%. Sedangkan proses keaktifan siswa pada siklus I sebesar 71,38%, meningkat menjadi 85,38% pada siklus II atau terjadi peningkatan 14%. Kata kunci: kecerdasan visual spasial, hasil belajar .

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Jun 2017 03:43
Last Modified: 30 Jan 2019 14:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49703

Actions (login required)

View Item View Item