PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI SD NEGERI KARANGMOJO III

Purnamasari, Dwiwanti (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI SD NEGERI KARANGMOJO III. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dwiwanti Purnamasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Karangmojo III dengan pendekatan inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian terdiri dari dua siklus di mana setiap siklusnya terbagi menjadi dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Karangmojo III yang berjumlah 22. Pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar evaluasi, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan secara kolaborasi dengan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan. Jumlah siswa yang mengalami peningkatan nilai dari sebelum tindakan ke siklus I yaitu 16 siswa (72,7%). Hasil penelitian peningkatan. Jumlah siswa yang mengalami peningkatan nilai dari siklus I ke siklus II yaitu 17 siswa (81%). Prestasi belajar PKn di siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu lebih atau sama dengan ( ≥ ) 75% dari seluruh siswa yang datang dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (≥75). Kata kunci: prestasi belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, pendekatan inkuiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:19
Last Modified: 30 Jan 2019 14:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49700

Actions (login required)

View Item View Item