PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN TUKANGAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Luthfitasari, Anindya (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN TUKANGAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Anindya Luthfitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode permainan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Tukangan Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan menggunakan desain yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 24 siswa dan kelas VB sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes pilihan ganda, lembar observasi, dan beberapa dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, gain score, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang positif pada hasil belajar IPA antara kelompok eksperimen yang menggunakan metode permainan dan kelompok kontrol yang menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata posttest yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 76,17 lebih baik daripada nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 66,67. Hal tersebut juga dibuktikan dengan hasil uji gain score 0,59 pada kelompok eksperimen yang lebih besar daripada 0,43 pada kelompok kontrol dan hasil uji-t posttest kedua kelompok diperoleh nilai thitung 3,361 > ttabel 2,02 atau nilai sighitung 0,002 < sigmin 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci: Metode Permainan, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:14
Last Modified: 30 Jan 2019 14:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49699

Actions (login required)

View Item View Item