PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE KEEP ON LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PKn DI KELAS V SDN KRATON, YOGYAKARTA

Estiningtyas, Deny (2017) PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE KEEP ON LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PKn DI KELAS V SDN KRATON, YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Deny Estiningtyas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif PKn dengan menggunakan model active learning tipe keep on learning pada siswa kelas V SDN Kraton Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kraton Yogyakarta yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif PKn siswa kelas V SDN Kraton Yogyakarta setelah menggunakan model active learning tipe keep on learning baik pada siklus I maupun siklus II. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥75 mengalami peningkatan sebesar 37,5% dengan kondisi awal 25% meningkat menjadi 62,5% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 33,33% menjadi 95,8%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 16,59% dengan kondisi awal 68,08 meningkat menjadi 79,38 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,13% menjadi 85,83. Kata kunci: hasil belajar kognitif, PKn, model active learning tipe keep on learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:01
Last Modified: 30 Jan 2019 14:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49697

Actions (login required)

View Item View Item