PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN BAGI SISWA KELAS III SDN SENENG, WONOSARI TAHUN AJARAN 2016/2017

Rachmawati, Rachmawati (2017) PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN BAGI SISWA KELAS III SDN SENENG, WONOSARI TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rachmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan pada siswa kelas III. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Seneng, Wonosari, Gunungkidul Tahun Ajaran 2016/ 2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Seneng yang berjumlah 17 siswa terdiri dari 13 siswa laki – laki dan 4 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis&Mc Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan model quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan siswa kelas III SD Negeri Seneng. Dilihat dari tes pra siklus diperoleh nilai rata – rata 60,36 dengan ketuntasan belajar 28,57% sedangkan pada siklus I diperoleh nilai rata – rata 97,86 dengan ketuntasan 100% dan pada siklus II diperoleh nilai rata – rata 98,57 dengan ketuntasan belajar 100%. Begitupula dengan hasil observasi aktivitas siswa yang mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 91,86% dan pada siklus II meningkat menjadi 96,46%. Kata kunci: model quantum learning, hasil belajar, pecahan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jun 2017 03:55
Last Modified: 30 Jan 2019 14:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49696

Actions (login required)

View Item View Item