Irna, Widyastuti (2017) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING DENGAN BANTUAN JOBSHEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SULAM PITA SISWA KELAS XII DI SMK N 1 SEWON. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
TAS.pdf Download (18MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Implementasi metode pembelajaran peer tutoring dengan bantuan jobsheet siswa kelas XII di SMK N 1 Sewon, 2) Peningkatan hasil belajar sulam pita dengan implementasi metode pembelajaran peer tutoring dengan bantuan jobsheet pada siswa kelas XII di SMK N 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan menggunakan desain dari Kemmis dan Mc Taggart dengan prosedur penelitian sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaa dan observasi, refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK N 1 Sewon dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XII busana butik 4 berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Tes mengungkap hasil belajar siswa, berupa tes teori dan unjuk kerja. Observasi berupa catatan lapangan dan penilaian afektif siswa. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan judgement expert dan dinyatakan valid. Reliabilitas instrumen menggunakan kesepakatan antar rater dengan hasil instrumen dinyatakan reliabel. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase dengan menghitung nilai hasil belajar tiap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi metode peer tutoring dengan bantuan jobsheet dimulai dari kegiatan pendahuluan yaitu guru memberikan apersepsi dan menjelaskan tujuan pembelajaran tentang materi sulam pita. Kegiatan inti yaitu guru menerapkan metode pembelajaran peer tutoring dengan bantuan jobsheet, dimulai dari menyusun kelompok beranggota 4-5 orang dengan menunjuk salah satu siswa menjadi tutor dalam kelompoknya, guru menjelaskan cara penyelesaian tugas dengan metode peer tutoring dengan bantuan jobsheet, guru menjelaskan materi sulam pita, siswa mengerjakan sulam pita pada kerudung di bawah bimbingan teman tutornya, guru bersama peserta didik memberi evaluasi dari hasil sulam pita pada kerudung melalui metode pembelajaran peer tutoring dengan bantuan jobsheet. Kegiatan penutup yaitu guru menilai pengetahuan siswa dengan memberikan tes essay dan guru bersama siswa merangkum materi pembelajaran sulam pita. 2) Hasil belajar siswa meningkat dengan signifikan, pada pra siklus 18 siswa (64%) yang mencapai KKM dengan mean 77,5 dan meningkat pada siklus pertama 20 siswa (72%) yang mencapai KKM dengan mean 82,4, dan pada siklus kedua 28 siswa (100%) mencapai KKM dengan mean 86,9. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran peer tutoring dengan bantuan jobsheet dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sulam pita kelas XII di SMK N 1 Sewon. Kata Kunci : Metode Peer Tutoring, Jobsheet, Hasil Belajar Sulam Pita
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
| Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
| Depositing User: | Perpustakaan FT |
| Date Deposited: | 12 Jun 2017 03:55 |
| Last Modified: | 30 Jan 2019 14:17 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49676 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
