LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

NUR SIGIT TRIYOGANTARA, NUR SIGIT TRIYOGANTARA (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Nur Sigit Triyogantara.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah yang bertujuan untuk memberikan pengalaman praktik mengajar langsung di kelas kepada mahasiswa program kependidikan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan juga bertujuan agar mahsiswa bisa lebih memahami kegiatan administrasi dan kegiatan tambahan seorang guru di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan kali ini dilaksanakan di MAN Yogyakarta II, yang beralamat di Jalan K.H. Ahmad Dahlan nomor 130, Yogyakarta. Melalui kegiatan PPL yang telah dilaksanakan di MAN Yogyakarta II tersebut, diharapkan mahasiswa dapat menambah pengalamannya dan dapat belajar lebih tentang aspek-aspek uuntuk menjadi seorang guru yang profesional dalam hal mengajar maupun mendidik peserta didik. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di MAN Yogyakarta II dilaksanakan kurang lebih selama dua bulan, dimulai tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan diawali dari tahap pembekalan PPL, observasi sekolah, observasi kelas, penyusunan program, pelaksanaan praktik belajar mengajar, dan pelaksanaan administrasi guru maupun sekolah. Kegiatan pembekalan bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam pelaksanaan PPL. Kegiatan observasi dilaksanakan untuk mencari tahu gambaran umum tentang kondisi sekolah maupun kondisi kelas saat kegiatan belajar megajar berlangsung. Dalam kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat tugas untuk mengajar di kelas X MIPA yang terdiri dari 3 kelas. Materi yang disampaikan meliputi hakikat fisika, besaran, satuan dan pengukuran serta besaran vektor. Dalam pelaksaan administrasi, mahasiswa melakukan kegiatan antara lain: piket perpustakaan, piket UKS, piket kesiswaan, serta membuat kelengkapan administrasi guru guna menunjang proses belajar mengajar. Dalam proses pelaksanaan PPL, mahasiswa mendapat pengalaman baru dan pengetahuan yang berharga dalam hal kependidikan, khususnya praktik pengalaman mengajar di dalam kelas maupun administrasi secara umumnya. Penulis berharap hubungan kerja sama antara pihak sekolah dan universitas tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, MAN Yogyakarta II, fisika
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jun 2017 06:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49672

Actions (login required)

View Item View Item